Pj Bupati Ciamis, H. Engkus Sutisna

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Menjelang HUT (Hari Ulang Tahun) Gerakan Pramuka ke-63 Kwarcab (Kwartir Cabang) Kabupaten Ciamis jawab perkembangan zaman.

Sebagaimana disampaikan Pj Bupati Ciamis dalam keterangan yang diterima PasundanNews.com, Sabtu (20/7/2024).

Ia pun menyuarakan perlunya adaptasi Gerakan Pramuka dengan perkembangan zaman.

Terlebih dalam era digital saat ini, tanpa meninggalkan prinsip-prinsip dasar kepramukaan.

“Sejalan dengan upaya untuk menjadikan Pramuka sebagai lingkungan yang menarik bagi generasi muda. Yaitu selalu mengutamakan kreativitas dan inovasi dalam pembinaan peserta didik,” jelasnya.

Dalam acara yang dibuka secara langsung oleh Pj Bupati Ciamis tersebut, Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Ciamis ini menjawab perkembangan zaman melalui kegiatan lomba.

Yaitu lomba bertajuk Jelajah Alam bagi Para Anggota Mabiran (Majelis Pembimbing Ranting) se-Kabupaten Ciamis.

Adapun peserta lomba dilepas di sekretariat Kwarcab Ciamis dan akan menjelajah sesuai dengan rute yang telah ditentukan.

Pj Bupati Ciamis menambahkan, bahwa pelaksanaan Jelajah Alam ini merupakan ajang silaturahmi bagi seluruh anggota Mabiran di Kabupaten Ciamis.

“Selain itu saya berharap melalui kegiatan ini, dapat memberikan pencerahan dalam pengembangan untuk meningkatkan mutu pendidikan kepramukaan,” kata Ex officio Ketua Mabicab (Majelis Pembimbing Cabang) Gerakan Pramuka Kabupaten Ciamis tersebut.

Ia mengucapkan, penting juga untuk memberikan bekal kepada majelis pembimbing ranting tentang tugas pokok dan fungsinya.

Untuk diketahui, acara lomba jelajah alam tahun 2024 secara resmi dibuka oleh Pj Bupati Ciamis.

“Kami berpesan kepada para peserta untuk selalu menjaga kesehatan dan keselamatan selama kegiatan berlangsung,” tandasnya.

(Herdi/PasundanNews.com)