Sebuah rumah milik Sudiro di lingkungan Awiluar, Kelurahan Situbatu, Kecamatan Banjar, Kota Banjar, rusak akibat tertimpa pohon Mahoni saat hujan deras disertai angin kencang pada Minggu (13/10/2024) dini hari. Foto/Hermanto.PasumdanNews.com

BERITA BANJAR, PASUNDANNEWS.COM – Sebuah rumah milik Sudiro di lingkungan Awiluar, Kelurahan Situbatu, Kecamatan/Kota Banjar rusak akibat tertimpa pohon Mahoni saat hujan deras disertai angin kencang pada Minggu (13/10/2024) dini hari sekitar pukul 01.30 WIB.

Pohon tersebut menimpa bagian atap kamar rumah hingga membuat penghuni rumah terkejut dan segera berpindah ke tempat yang lebih aman.

Sudiro, pemilik rumah, mengatakan bahwa keluarganya terbangun karena suara keras di atas kamar.

“Kami kaget, tiba-tiba ada suara keras di atap kamar, dan segera bergeser ke ruangan yang lebih aman,” ungkapnya.

Meski demikian, tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, namun kerusakan terjadi pada bagian atap kamar.

Baca Juga : Pria Lompat ke Sungai Citanduy Berhasil Dievakuasi Petugas BPBD Kota Banjar 

Evakuasi pohon yang tumbang dilakukan pada pagi harinya oleh tim gabungan dari Jabar Bergerak Kota Banjar, BPBD, Tagana, serta warga setempat.

Ketua Jabar Bergerak Kota Banjar, Ari Faturohman, mengungkapkan bahwa pihaknya segera berkoordinasi setelah menerima laporan dari warga sekitar.

“Kami mendapat laporan dari warga, kemudian langsung berkoordinasi dengan BPBD dan Tagana. Sekitar pukul 06.00 pagi, kami sudah berada di lokasi dan mulai melakukan evakuasi,” kata Ari.

Proses evakuasi selesai sekitar pukul 08.30 WIB. Tim gabungan bekerja sama dengan baik untuk memotong dan memindahkan batang pohon yang cukup besar tersebut.

Meskipun tidak ada korban jiwa, kerugian material diperkirakan mencapai jutaan rupiah akibat kerusakan pada bagian atap rumah.

Pihak BPBD Kota Banjar juga mengimbau warga untuk waspada terhadap cuaca ekstrem yang sering terjadi di wilayah tersebut, terutama selama musim hujan dan angin kencang.

(Hermanto/PasundanNews.com)