Peringatan harlah Karang Taruna ke-64 tingkat kabupaten Ciamis. Foto/PasundanNews.com

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Harlah (Hari Lahir) Karang Taruna ke-64 menjadi momentum bagi Karang Taruna untuk semakin memberikan kebermanfaatan.

Selain itu, Karang Taruna (Karta) saat ini juga bisa menjadi sebuah organisasi kepemudaan modern.

Kemudian juga menjadi tumpuan dan harapan bersama bagi seluruh masyarakat khususnya Kabupaten Ciamis.

Hal tersebut disampaikan Ketua Karta Kabupaten Ciamis, Ega Anggara Alkautsar usai Acara Syukuran Harlah Karang Taruna ke-64, pada Kamis (26/9/2024)

Acara syukuran tersebut bertempat di Aula Sekretariat Karang Taruna Kabupaten Ciamis, Jalan Jendral Sudirman No. 87.

Ega mengatkan, momen Harlah ke-64 tahun ini Karang Taruna perlu untuk mencoba membenahi dan menata kembali baik pengelolaan organisasi maupun gerakan atau karyanya.

“Bagaimana kita berproses untuk memberikan kontribusi yang dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat,” ujarnya.

Hal ini, kata Ega, sesuai dengan motto atau tagline Harlah Karang Taruna ke-64 yaitu ‘Karang Taruna Bakal Bersatu Untuk Indonesia Lebih Maju’.

Menurutnya, Karang Taruna bisa lebih mandiri, lebih mensejahterakan diri dan yang paling utama bisa memiliki prestasi.

Kemudian menghasilkan karya nyata yang manfaatnya dirasakan langsung oleh masyarakat.

“Karang Taruna dituntut harus mempunyai karya nyata untuk masyarakat. Sehingga bisa mewujudkan Kabupaten Ciamis lebih maju mandiri dan sejahtera bersama,” jelasnya.

Menjadi Garda Terdepan Gerakan Kepemudaan di Ciamis

Ega melanjutkan, Karang Taruna juga dapat menjadi sebuah jembatan antara seluruh elemen kepemudaan yang ada di Kabupaten Ciamis

Ia menyebutkan, karang taruna sebagai organisasi kepemudaan yang harus menjadi tumpuan dan harapan bersama seluruh warga masyarakat Ciamis.

“Dengan adanya kebersamaan dan bersatunya seluruh komponen serta elemen kepemudaan juga berbagai potensi yang ada, Insya Allah gerakan kepemudaan di Karang Taruna Ciamis akan lebih maju dan lebih baik lagi,” tegasnya.

Ia menekankan, dengan hadirnya Karang Taruna maka elemen kepemudaan dapat memberikan sebuah solusi untuk seluruh tantangan di zaman modern ini.

Walaupun banyak hal yang menjadi PR bersama, berkaitan dengan aktivitas generasi muda, diantaranya geng motor ataupun yang berkaitan dengan narkoba, kenakalan remaja lainnya.

“Ini merupakan PR bersama, jadi kita harus benar-benar berpikir dan bekerja ekstra keras untuk menanggulanginya,” ungkapnya.

Ega berharap, pada momentum Harlah ini dapat menjadi sebuah jembatan antara seluruh elemen kepemudaan yang ada di Kabupaten Ciamis.

“Dengan adanya kebersamaan dan bersatunya seluruh komponen kepemudaan juga berbagai potensi yang ada, Insya Allah dengan gerakan kepemudaan khususnya di Karang Taruna Ciamis akan bisa terlaksana melalui berbagai aktivitas yang dilaksanakan teman-teman di setiap desa atau kecamatan yang ada,” katanya.

Puncak peringatan Harlah Karang Taruna ke-64, kata Ega, akan dilaksanakan acara Jalan Sehat yang digelar pada Minggu (29/9/2024) di Halaman Kantor Kecamatan Ciamis.

Acara ini akan dimeriahkan dengan berbagai hadiah dan doorprize menarik.

“Kami mengajak warga Ciamis dan sekitarnya untuk ikut serta dalam jalan sehat ini. Selain menyehatkan diri, ada banyak hadiah menarik yang akan dibagikan,” terangnya.

Dalam kesempatan itu Ega juga mengingatkan periodesasi beberapa kepengurusan kecamatan dan desa yang telah habis.

“Kami mengimbau pengurus yang bersangkutan untuk segera melaksanakan temu karya atau musyawarah warga,” pungkasnya.

(Herdi/PasundanNews.com)