PASUNDAN NEWS – Masyarakat dari dua desa di Kecamatan Pondoksalam, yakni Desa Salammulya dan Desa Salamjaya antusias mengikuti pelayanan pemeriksaan kesehatan yang diadakan oleh Bakal Calon Bupati Purwakarta, Saepul Bahri Binzein alias Om Zein.

Acara yang digelar terpisah di dua desa tersebut cukup disambut baik oleh masyarakat. Terbukti, sekitar 600 orang lebih yang didominasi oleh masyarakat berusia lanjut tampak hadir untuk mendapatkan pelayanan pemeriksaan kesehatan gratis ini.

“Disini masyarakat bisa memeriksa kesehatan termasuk berobat, dokter dan petugas kesehatan juga menyiapkan obat juga dan ini semuanya gratis,” kata Om Zein, Kamis 25 Juli 2024.

Ia menyampaikan pelayanan kesehatan ini rencananya akan dilakukan di semua desa dan kelurahan yang ada di Kabupaten Purwakarta.

“Jadi ini akan kita gelar di seluruh wilayah, kita akan buka di tiap desa dan kelurahan. Kalau tempatnya tentatif bisa di kantor desa, balai RW atau di lahan-lahan yang situasinya memungkinkan untuk dijadikan lokasi kegiatan,” ucap Om Zein.

Om Zein juga menceritakan bahwa layanan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis ini digelar karena mendapat banyak aduan dari masyarakat di desa-desa yang kesulitan berobat kerena terkendala biaya.

Selain itu sambung Om Zein, masih banyaknya masyarakat yang tak memiliki BPJS Kesehatan menjadi faktor penyebab warga tak bisa mendapatkan pelayanan kesehatan.

“Pelayanan kesehatan ini kita adakan sedekat mungkin dengan masyarakat agar masyarakat yang ada di desa-desa tidak perlu jauh-jauh harus pergi ke kota untuk melakukan pemeriksaan kesehatan ke rumah sakit, klinik atau ke puskesmas,” pungkasnya.***