PASUNDAN NEWS – Peringatan HUT RI pada 17 Agustus selalu dijadikan momen untuk merefleksikan kembali makna kemerdekaan dan tantangan ke depan yang dihadapi bangsa.

Apalagi tantangan utama bangsa Indonesia saat ini sangat kompleks, seperti ketidakmerataan ekonomi, pendidikan berkualitas, kesetaraan hak berkeyakinan, serta kondisi global dan dinamika politik yang berkembang.

Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat Ono Surono mengatakan, tantangan tersebut perlu disikapi secara serius, khususnya di momen HUT RI ke-79 ini.

Ono juga mengajak untuk tetap berkiblat kepada Pancasila sebagai pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara, menuju Indonesia Raya.

“HUT Republik Indonesia ke 79 ini harus dijadikan sebagai momentum menguatkan optimisme dengan kemampuan bekerja keras dan semangat bergotong-royong, persatuan dan kesatuan yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Ini sebagai dasar untuk menguatkan Indonesia Raya hadapi tantangan ke depan,”ucap Ono disela peringatan HUT Republik Indonesia ke -79, di Sekretariat DPD PDI Perjuangan Jawa Barat, Sabtu (17/8/2024).

Ono juga menambahkan, nilai-nilai Pancasila serta demokrasi saat ini sudah mulai luntur.

Sikap, tindakan hingga pemikiran para pemimpin dalam penyelenggaran dan kebijakan membangun negara kadang jauh dari landasan utama Pancasila.

Kemerosotan moral, etika dan segala tindakan buruk dalam berbangsa dan bernegara merupakan bentuk perusakan terhadap jiwa Indonesia.

Padahal jiwa Indonesia yang berlandasankan Pancasila sangat penting sebagai dasar Indonesia Raya yang mementingkan rakyatnya ketimbang kepentingan kelompok maupun golongan.

“Pancasila sebagai landasan utama berbangsa dan bernegara, juga sebagai pedoman dalam pembangunan. Ini jangan dilupakan, apa yang sudah di perjuangkan oleh para pahlawan bangsa,”kata Ono.

 

Ono juga menyinggung masih banyaknya permasalahan di Jawa Barat, seperti diantaranya pembangunan yang belum berpihak kepada masyarakat, masalah sosial, kemiskinan, pendidikan, dan lainnya.

Ia berharap pekerjaan rumah di Jawa Barat dapat diselesaikan oleh para pemangku kebijakan, sehingga dapat dirasakan manfaatnya bagi kesejahteraan rakyat.

 

“Harapannya dengan momen kemerdekaan Republik Indonesia ini, perhelatan pesta demokrasi Pilkada serentak 2024 dapat berjalan aman dan lancar,” tandasnya.

 

Sementara dalam peringatan hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke -79, PDI Perjuangan Jawa Barat menggelar berbagai perlombaan yang diikuti kader maupun simpatisan partai berlambang banteng ini.

 

Suasana semarak, penuh kegembiraan dalam perlombaan yang digelar di halaman kanyor DPD PDI Perjuangan Jawa Barat.