Ketua ASOBSI (Asosiasi Bank Sampah Indonesia) Ciamis, Devi saat menyampaikan materi sosialisasi dan edukasi tentang program bank sampah bersama Forum RT RW Kabupaten Ciamis. Foto/Hendri.PasundanNews.com

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Forum RT RW se-Kabupaten Ciamis berkolaborasi bersama BSC (Bank Sampah Ciamis) menggelar edukasi terkait Bank Sampah.

Kegiatan tersebut sekaligus dirangkaikan dengan sosialisasi World Clean up Day yaitu hari bersih-bersih se-dunia di bulan September ini.

Kegiatan berlangsung pada Rabu (11/9/2024) di Joglo Kebun Durian ABN Desa Raksabaya Kecamatan Cimaragas, Kabupaten Ciakis.

Ketua ASOBSI (Asosiasi Bank Sampah Indonesia) Ciamis Devi mengatakan, pihaknya bersama para stakeholder terus menggencarkan sosialisasi dan edukasi bank sampah di berbagai wilayah di Ciamis

Termasuk Pemkab Ciamis melalui DPRKPLH Ciamis yang  berupaya terus mengajak pemerintah Desa / kecamatan untuk membentuk dan mengembangkan bank sampah unit di wilayah mereka.

“Bank Sampah Unit di Ciamis saat ini terus digencarkan. Untuk melaksanakannya, kami terus berkolaborasi dengan setiap elemen, salah satunya seperti Forum RT RW,” ujar Devi.

Untuk diketahui, BSU atau Bank Sampah Unit sendiri di Ciamis yang dibina oleh Bank Sampah Induk Ciamis kurang lebih dari 305 unit.

“Kami berusaha untuk terus mengajak masyarakat peduli terhadap lingkungan melalui program bank sampah, saat ini nasabahnya juga sudah cukup banyak mencapai ribuan di seluruh kabupaten Ciamis,” kata Devi.

Ia menambahkan, keberadaan bank sampah ini akan memberikan banyak manfaat, baik untuk nasabah maupun lingkungan sekitar.

Seperti mengurangi penumpukan sampah liar, meminimalisir sampah ke TPA, mencegah pencemaran lingkungan dan juga bisa bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan masyarakat sebagai sirkular ekonomi.

Devi pun berharap melalui edukasi ini, warga dapat mengenal lebih dalam tentang manfaat dan pengelolaan bank sampah

“Dengan mengenal lebih dalam seputar bank sampah, maka warga bisa memulai aksi clean up lingkungan sekitar dengan sadar juga bertanggungjawab atas sampah yang mereka hasilkan sendiri dan ikut serta dalam program bank sampah, jadi bank sampah bisa dirasakan benar-benar kebermanfaatannya bagi masyarakat” tuturnya.

Forum RT RW Ciamis Ajak Masyarakat Kembangkan Program Bank Sampah 

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Forum RT RW Kabupaten Ciamis, Nasir.

Menurutnya, kegiatan edukasi terkait Bank Sampah sangat penting terlebih bagi Forum RT RW sebagai forum representasi pemerintah di tingkat bawah.

“Kegiatan ini penting, karena berkaitan dengan isu lingkungan hidup secara global,” tuturnya

Ia pun turut mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat terutama anggota Forum untuk turut mensukseskan program Bank Sampah Ciamis di wilayahnya masing-masing.

Baca Juga : Pemkab Ciamis Raih Penghargaan Adi Niti 2024, Sukses Terapkan Standarisasi LH dan Keberlanjutan SDA di Daerah 

“Program ini sangat bagus untuk melestarikan lingkungan kita masing-masing, harus dilakukan dari kita untuk kita,” katanya.

Ia menjelaskan, unit dari Bank Sampah Ciamis yang sudah dibentuk dalam keanggotaan Forum sudah muncul seperti di daerah Panawangan dan Baregbeg.

“Sudah solid kepengurusan, bisa terbentuk Bank Sampah di wilayah masing-masing juga sudah berjalan,” katanya.

Nasir berharap, ke depan semua anggotanya di setiap wilayah di Kabupaten Ciamis bisa turut sukseskan program Bank Sampah.

“Mudah-mudahan anggota kita bisa membentuk bank sampah lebih masif lagi di wilayahnya masing-masing. Karena program ini ada keterkaitan langsung dengan lingkungan kita sendiri, dampak lingkungan nya juga bagus,” tandasnya.

(Hendri/PasundanNews.com)