FKIP (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) Universitas Galuh Ciamis menggelar matrikulasi bagi mahasiswa baru. Foto/Istimewa

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – FKIP (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) Universitas Galuh Ciamis menggelar matrikulasi bagi mahasiswa baru.

Seluruh Program Studi di lingkungan FKIP Unigal Ciamis tersebut dihadiri oleh mahasiswa baru tahun akademik 2024-2025.

Hal ini dilakukan sebagai bentuk menyambut awal perkuliahan semester ganjil.

Menurut Ketua Pelaksana yang juga merupakan Wakil Dekan 1 FKIP Universitas Galuh, Drs. Yoyon Sutresna, M.Kes., menjelaskan tentang kegiatan tersebut.

Ia mengatakan, program studi di lingkungan FKIP Unigal Ciamis turut memberikan bekal kepada mahasiswa baru untuk mengawali semeter ganjil.

“Tentunya untuk mengarungi perjalanan perkuliahan selama 8 semester ke depan,” ucapnya kepada PasundanNews.com, Sabtu (21/9/2024).

Ia meneruskan, matrikulasi diselenggarakan berlandaskan latar belakang pendidikan mahasiswa baru yang beragam baik jenis maupun asalnya.

Yoyon mengungkapkan, semua mahasiswa baru tanpa terkecuali mengikuti program matrikulasi ini dari semu kukusan baik SMA, SMK, MA dan sederajat.

“Sehingga kami anggap ini perlu penyamaan persepsi dan penyetaraan pengetahuan bagi para mahasiswa baru,” paparnya.

Yoyon melanjutkan, adapun mahasiswa yang mengikuti matrikulasi ini sebanyak 402 orang yang tersebar ke dalam tujuh program studi.

Diantaranya yaitu Pendidikan Jasmani, Biologi, Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Akuntansi dan Sejarah.

Tema yang diusung dalam acara matrikulasi tersebut yaitu ‘Matrikulasi sebagai Pembekalan dan Penguatan Mata Kuliah Dasar Program Studi’.

Menurut Yoyon, perbedaan latar belakang mahasiswa baru tidak boleh menjadi alasan atas terjadinya ketimpangan pengetahuan yang dimiliki oleh mahasiswa.

“Melalui program matrikulasi ini kami berharap ada penyetaraan pengetahuan sebagai bekal awal menjalani perkuliahan delapan semester ke depan,” tandasnya.

(Herdi/PasundanNews.com)