Pj Bupati Ciamis H. Engkus Sutisna. Foto/Istimewa

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Malam puncak Grand Final Pasanggiri Mojang Jajaka Kabupaten Ciamis tahun 2024 berjalan sukses dan meriah.

Nampak sebanyak 30 finalis terpilih Kabupaten Ciamis tampil dengan membawa performa terbaiknya.

Acara bergengsi yang merupakan agenda tahunan ini digagas oleh Paguyuban Mojang Jajaka Kabupaten Ciamis.

Pembukaan malam puncak Grand Final Pasanggiri Mojang Jajaka Ciamis 2024 dibuka secara langsung oleh Pj Bupati Ciamis H. Engkus Sutisna, Sabtu, (20/7/2024) malam, di Gedung KH. Irfan Hilmi Komplek Islamic Center.

Dalam sambutannya H Engkus menekankan bahwa ajang pemilihan Mojang Jajaka ini bukan hanya kompetisi belaka.

Tetapi juga sebagai ajang untuk menggali potensi, mengembangkan bakat, dan meningkatkan rasa percaya diri generasi muda.

“Harapannya, Mojang Jajaka yang terpilih dapat menjadi duta budaya dan pariwisata Ciamis yang mampu mengharumkan nama daerahnya di tingkat nasional maupun internasional,” ujarnya.

Ia juga sangat mendukung kegiatan tersebut karena dapat menumbuhkan kecintaan generasi muda kepada daerahnya.

“Kegiatan ini sangat berarti dalam rangka menanamkan cinta budaya, cinta bahasa, dan cinta seni, khususnya yang berakar pada budaya sunda yaitu Budaya Ciamis,” jelasnya.

Pihaknya mendorong kepada para finalis untuk memanfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin untuk menunjukkan kemampuan dan bakat mereka.

“Karena saya meyakini peserta Mojang Jajaka adalah generasi muda yang cerdas, berbakat, dan memiliki potensi luar biasa,” ungkapnya.

Sementara itu Ketua Paguyuban Mojang Jajaka Ciamis Rais Ikhsan Milki mengatakan bahwa rangkaian dari mulai audisi ini sangat luar biasa dengan diikuti kurang lebih 300 pendaftar, dan untuk offline ini ada 100 peserta.

“Hari ini terlahir ada 30 finalis, mudah-mudahan kedepannya dapat berkontribusi bukan hanya di 2024 namun seumur hidupnya kepada daerah,” tuturnya.

Rais pun menyampaikan terimakasih kepada pemerintah Kabupaten Ciamis atas dukungan kepada Yayasan Mojang Jajaka Kabupaten Ciamis.

“Pemerintah Kabupaten Ciamis merupakan orang tua bagi kami, kami merasa bangga dan terimakasih sebesar-besarnya,” ungkapnya.

(Herdi/PasundanNews.com)