Dorong Pengembangan Desa Wisata, Kepala Bidang Pariwisata Kota Banjar, Rd Maya Dewi (baju hijau depan kanan) Kunjungi Wisata Batu Peti. Foto/Hermanto.PasundanNews com

BERITA BANJAR, PASUNDANNEWS.COM – Kepala Bidang Pariwisata, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Banjar, Rd. Maya Dewi, melakukan kunjungan ke wisata Batu Peti, pada Jumat (6/9/2024).

Wisata Batu Peti tersebut berlokasi di Dusun Mukti Asih, Desa Sukamukti, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, Jawa Barat.

Maya Dewi mengungkapkan, bahwa potensi wisata alam di kawasan tersebut bisa terus dikembangkan, sehingga bisa menjadi salah satu destinasi wisata unggulan Banjar.

Ia menjelaskan, konsep pengembangan desa wisata bertujuan salah satunya menggabungkan daya tarik alam, budaya, serta fasilitas umum yang memadai.

Menurutnya, desa wisata harus memprioritaskan tata cara dan tradisi kehidupan masyarakat desa sebagai daya tarik yang ditawarkan kepada wisatawan.

“Prinsip utama desa wisata adalah desa membangun, yaitu fokus kepada pemberdayaan masyarakat untuk dapat membangun desanya secara mandiri,” kata Maya Dewi.

Dengan pemberdayaan masyarakat, desa dapat menjadi mandiri dalam mengelola potensi wisata yang dimiliki dan berdampak positif terhadap perekonomian lokal.

“Pengembangan desa wisata ini juga sejalan dengan misi pemerintah untuk lebih meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ungkapnya.

Ia melanjutkan, melalui pengembangan usaha produktif pada bidang pariwisata yang sesuai dengan potensi dan sumber daya lokal, maka kesejahteraan masyarakat desa akan meningkat secara berkelanjutan.

Lebih lanjut, Maya juga mendorong pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di daerah tersebut.

Maya menyebutkan bahwa Banjar, sebagai Kota Idaman, memiliki banyak potensi yang perlu digali lebih dalam dan dikembangkan dengan baik.

“Kita harus terus mendorong pengembangan ini agar memberikan manfaat yang lebih luas bagi masyarakat, khususnya dalam perkembangan UMKM,” ungkapnya.

Dengan berbagai potensi yang ada, Rd. Maya Dewi berharap desa wisata seperti Batu Peti dapat menjadi contoh sukses pengelolaan pariwisata berbasis masyarakat yang mampu menarik lebih banyak wisatawan dan memberikan dampak ekonomi yang signifikan bagi warga lokal.

(Hermanto/PasundanNews.com