Dinas Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKBP3A) memperingati Harganas ke-31 dan IPKB ke-17 serta HUT RI ke-79. Foto/Deni Rudini.PasundanNews.com

BERITA PANGANDARAN, PASUNDANNEWS.COM – Dinas Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKBP3A) memperingati Harganas ke-31 dan IPKB ke-17 serta HUT RI ke-79, Senin (26/8/2024)

Kepala Dinas DKBP3A Dani Hamdani mengatakan, pada  momen ini pihaknya mengapresiasi kepada seluruh  penyuluh lapangan termasuk Pos KB dan Pos Sub PPKBD.

“Karena mereka itu yang bekerja di lapangan. Kita ingin meningkatkan koordinasi dan kekompakan mereka,” ujarnya.

Dalam momentum ini juga pihaknya menekankan untuk terus membangun kekompakan dan sinergitas guna mencapai apa yang menjadi tujuan bersama.

“Melihat dari segi materi yang mereka dapatkan memang tidak seimbang. Tetapi kita mencoba menggali semangat pengabdian mereka untuk kemajuan,” kata Dani.

Menurutnya, PPKBD atau kader pembantu pembina keluarga berencana desa dan Sub PPKBD merupakan kepanjangan tangan pemerintah.

“Khususnya petugas lapangan keluarga berencana (PLKB) dalam pelaksanaan program pengendalian penduduk, keluarga berencana,” ungkapnya.

Dani mengungkapkan, bersandarkan E-PPGM (pencatatan dan elektronik-pelaporan gizi berbasis masyarakat, kasus stunting di Pangandaran mengalami penurunan sebesar 1,9 persen.

“Tapi kalau melihat data survei kesehatan indonesia (SKI) mengalami kenaikan 20.9 persen dari sebelumnya 20 persen. Itu merupakan ‘PR’ bagi kita,” tuturnya.

Ia menyebut untuk target secara nasional yaitu 15,5 persen. Pihaknya akan melakukan sinkronisasi dana mensinkronkan data.

“Hasil survei yang satu dengan yang lainnya berbeda. Tapi yang terpenting kita berupaya tidak ada stunting baru di Kabupaten Pangandaran,” katanya.

Sementara itu, Bupati Pangandaran, Jeje Wiradinata menekankan bahwa  peringatan Harganas ini menjadi momentum dalam rangka koordinasi dan evaluasi.

Terutama yang berkaitan dengan KB, dengan tugas pokok mereka. Seperti Stunting, Nikah Dini, Seks bebas dan lain sebagainya.

“Hari ini kita kumpul dengan penyuluh dan Pos KB, ini menjadi evaluasi kita dan terus memberikan motivasi kepada mereka untuk terus bekerja sebaik-baiknya” pungkasnya

(Deni Rudini/PasundanNews.com)