Bupati Ciamis, Dr. H. Herdiat Sunarya. Foto/Ist.

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM Reuni KBIHU (Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umroh) Al Hasan ke-20 berlangsung di Kampus Pesantren Al Hasan Ciamis, Minggu (30/7/2023).

Reuni tersebut bertema ‘Ukhuwah, Dakwah dan Kesalehan Sosial Upaya Melestarikan Kemabruran Haji dan Umroh’.

Bupati Ciamis Herdiat Sunarya menyampaikan rasa syukurnya karena bisa hadir dan menjadi bagian dalam acara tersebut.

“Terimakasih, saya sangat bahagia bisa berkumpul terutama bisa bersilaturahmi dan menjadi bagian dalam acara reuni KBIHU yang ke-20 ini,” ucapnya.

Ia pun berharap KBIHU Al Hasan bisa berkolaborasi dan berkontribusi bersama pemerintah daerah Ciamis.

Pada kesempatan tersebut, Herdiat juga menyalurkan santunan kepada 450 anak yatim yang bersumber dari infaq ASN kabupaten Ciamis.

“Pada kesempatan yang baik ini, saya menyampaikan amanah dari para ASN, setiap bulannya ASN Ciamis selalu mengumpulkan infaq shadaqahnya,” ujarnya.

Sebelumnya juga Bupati Herdiat melakukan kegiatan yang sama, melakukan penyaluran kepada penerima yaitu para  yatim piatu dan jompo.

“Pada kesempatan ini juga saya menyerahkan sebanyak 450 santunan untuk para anak yatim piatu. Saya berharap jangan lihat besar kecilnya,” tambahnya.

Dalam kesempatan itu, Herdiat juga menyerahkan bantuan keagamaan kepada Ponpes Al Hasan untuk pembangunan ponpes dan seragam para alumni.

“Kondisi APBD di Kabupaten Ciamis saat ini jujur saja sebetulnya sedang defisit. Sehingga tinggal menunggu saja karena saat ini sedang mendahulukan kegiatan-kegiatan yang memang menjadi skala prioritas dan dikejar waktu,” katanya.

Sehingga, ia menambahkan, saat ini sedang memprioritaskan dengan kegiatan yang kaitannya dengan kebutuhan umat.

Sementara itu, Pimpinan Ponpes Al-Hasan KH. Muhammad Syarif Hidayat mengatakan bahwa untuk memperkuat tali silaturahmi maka perlu adanya reuni.

Maka pada momentum ini juga ada hikmah momentum kebaikan ukhuwah pendidikan agama, dakwah, termasuk kegiatan sosial.

“Alhamdulillah dari rencana santunan yatim 350 peserta yatim sampai pada waktunya tadi tercatat bahkan terdapat 450 yatim dan alhamdulillah semuanya kebagian, Semoga kita termasuk umat yang mengikuti jejak Rasululloh SAW,” ungkapnya.

Kemudian KH. Syarif juga menyapaikan terimaksihnya kepada semua pihak atas dukungan terselenggaranya kegiatan tersebut.

“Alhamdulillah dan kami ucapkan terimakasih kepada semya pihak, sehingga kegiatan ini dapat terselenggara selama 20,” pungkas KH. Syarif.(Herdi/PasundanNews.com)