Dinas Sosial Kabupaten Ciamis memberikan Dukungan Psikososial kepada korban pergerakan tanah bertempat di Lapang Desa Sukamaju Kecamatan Cihaurbeuti Foto/Istimewa

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Bencana pergerakan tanah di Desa Sukamaju, Kecamatan Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis terjadi pada 29 April 2024 lalu.

Tak ada korban jiwa, namun bencana alam tersebut resiko berdampak kepada kecemasan mental korban.

Peristiwa ini mengakibatkan beberapa rumah mengalami kerusakan. Sehingga mengharuskan penghuni mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Menyikapi hal ini, Dinas Sosial Ciamis Kabupaten Ciamis memberikan Dukungan Psikososial kepada korban pergerakan tanah.

Kegiatan itu bertempat di Lapang Desa Sukamaju Kecamatan Cihaurbeuti, pada Minggu (12/5/2024).

Menurut Kepala Dinas Sosial Kabupaten Ciamis, Eka Permana Oktaviana beserta jajaran turut serta menghadiri kegiatan yang penuh keceriaan serta kekeluargaan.

Eka melanjutkan, hal ini dilakukan sebagai salah satu bentuk kepedulian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ciamis terhadap korban terdampak bencana pergerakan tanah.

“Kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian Pemkab Ciamis kepada korban terdampak pergerakan tanah. Meskipun korban tidak nampak trauma berlebihan,” jelasnya.

Namun, tambah Eka, dengan adanya kegiatan tersebut mengingatkan bahwa bencana itu tidak pilih-pilih tempat, yang penting masyarakat tetap waspada.

“Bencana itu kehendak Allah, kita tidak tahu kapan terjadinya. Tempat pun kita tidak mengetahuinya, yang penting tetap berdoa dan waspada,” tutur Eka.

Baca Juga : Kualitas Pelayanan dan Keamanan di RS Permata Bunda Ciamis Dipertanyakan 

Ia menambahkan, memang tidak terjadi trauma yang berlebihan. Tetapi kegiatan tersebut penting, salah satunya sebagai ajang silaturahmi.

Kegiatan layanan dukungan psikososial itu, tutur Eka, telah menciptakan keceriaan. Terlebih kepada anak-anak yang terdampak pergeseran tanah.

“Ini bentuk kerja bersama antara tim dari Dinas Sosial, Tenaga Kesejahtaran Sosial Kecamatan (TKSK), Taruna Siaga Bencana (Tagana),” katanya.

Selain itu Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH), Pendamping Rehabilitasi Sosial dan Kelompok Masyarakat (Pokmas) Kecamatan Cihaurbeuti.

“Sehingga atas kerja sama dan kolaborasi ini, acara pun nampak meriah serta penuh dengan kekeluargaan,” tandasnya.

Pada kegiatan ini juga terdapat beberapa acara seperti ice breaking, fun game dan juga flying fox.

(Herdi/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakKualitas Pelayanan dan Keamanan di RS Permata Bunda Ciamis Dipertanyakan
Artikulli tjetërKPU Ciamis Putuskan Tak Ada Calon Perseorangan di Pilkada Serentak 2024