Bawaslu Kabupaten Pangandaran menggelar pendidikan pengawasan partisipatif. Foto/Deni Rudini.PasundanNews.com

BERITA PANGANDARAN, PASUNDANNEWS.COM – Bawaslu Kabupaten Pangandaran menggelar pendidikan pengawasan partisipatif pemilihan serentak 2024, pada Kamis (10/10/2024).

Bawaslu melibatkan para mahasiswa sebagai upaya meningkatkan partisipasi aktif generasi muda dalam proses demokrasi.

Ketua Bawaslu Pangandaran, Iwan Yudiawan, menyatakan bahwa peran mahasiswa diharapkan mampu memberikan pengawasan yang kritis dan responsif.

“Diharapkan mahasiswa ini bisa lebih kritis dan responsif terkait dengan pengawasan partisipatif itu sendiri,” ujar Iwan.

Dalam pendidikan pengawasan ini, para mahasiswa akan dibekali pengetahuan dan keterampilan untuk berperan sebagai pengawas partisipatif.

Jika mereka menemukan indikasi pelanggaran selama proses pemilihan, mereka diharapkan dapat mencegah atau mengingatkan pihak yang bersangkutan.

“Jika pelanggaran tetap terjadi, pengawas partisipatif dapat melaporkannya ke Bawaslu untuk ditindaklanjuti,” ungkapnya.

Sebanyak 50 mahasiswa dari berbagai organisasi mengikuti kegiatan ini yang berlangsung selama tiga hari.

Kegiatan tersebut menghadirkan enam narasumber, dengan metode pendidikan berupa ceramah, permainan interaktif, dan dinamika belajar.

“Melalui kegiatan ini diharapkan mereka dapat memiliki gambaran yang jelas mengenai peran pengawas partisipatif,” pungkasnya.

(Deni Rudini/PasundanNews.com)