Bawaslu Kabupaten Ciamis launching pojok pengawasan jelang Pilkada Serentak 2024. Foto/Istimewa

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Bawaslu (Badan Pengawas Pemilihan Umum) Ciamis launching Pojok Pengawasan serentak se-Jawa Barat, pada Kamis (4/7/2024).

Menjelang Pilkada 2024, Pojok Pengawasan menjadi ruang strategis yang diselenggarakan oleh Bawaslu guna memberikan pengaruh positif.

Terlebih dalam hal partisipasi masyarakat untuk mengawasi tahapan Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah) serentak 2024 di Kabupaten Ciamis.

Kegiatan launching Pojok Pengawasan ini dilakukan secara virtual diikuti oleh Bawaslu Kab/Kota se-Jawa Barat serta Panwascam.

Ha tersebut disampaikan Koordinator Divisi Pencegahan Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat (PM2HM) Bawaslu Ciamis, Wulan Sarifah.

“Tempat ini dapat dijadikan sebagai pusat informasi, pusat data, pusat pembelajaran dan pendidikan bagi masyarakat luas,” jelasnya.

Bawaslu Ciamis sendiri, beserta Panwaslu Kecamatan dapat menyediakan sumber informasi dan edukasi bagi masyarakat.

“Sehingga masyarakat dapat menambah pengetahuan terkait dengan kepemiluan, program pengawas pemilu dan tugas-tugas pengawasan partisipatif,” ungkapnya.

Ia berharap nantinya masyarakat bisa berkunjung dan bisa memanfaatkan Pojok Pengawasan ini..

“Ini sebagai wujud dari pada pencegahan dalam pengawasan partisipatif pada Pilkada 2024 di Ciamis,” katanya.

Selain itu juga dapat mempercepat transfer informasi dan edukasi seputar penyelenggaraan dan pengawasan Pilkada di Kabupaten Ciamis.

“Ini wujud keseriusan Bawaslu dalam melakukan pencegahan pelanggaran dalam pemilu. Masyarakat dapat melakukan diskusi, penelitian dan kajian, konsultasi juga sebagai ruang aktifitas kehumasan,” ungkapnya.

Pihaknya pun menyediakan buku-buku yang berisi informasi seputar aturan, dasar hukum dalam penyelenggaraan Pilkada dan informasi lain yang berkaitan dengan penyelenggaraan Pilkada.

“Mari awasi bersama, penyelenggaraan Pilkada serentak tahun 2024 di Kabupaten Ciamis, agar Pilkada di Ciamis berjalan sukses tanpa ekses,” tandasnya.

(Herdi/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakPMII Ciamis-Pangandaran Gelar Pelatihan Kader Lanjut
Artikulli tjetërUnggul 83 Persen di Tingkat Kesukaan Rakyat, Saepul Bahri Alias Om Zein Mulus Melenggang Purwakarta 1