Foto/Humas Pemprov Jawa Barat

BERITA JABAR, PASUNDANNEWS.COM – Pj Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan atau Forikan Jawa Barat Amanda Soemedi Bey Machmudin secara resmi buka Rakor Forikan Jabar.

Dalam sambutannya, ia memaparkan bahwa salah satu tantangan utama dalam meningkatkan konsumsi ikan adalah memperkenalkan manfaatnya secara luas kepada masyarakat.

Ia meneruskan, pentingnya mendongkrak kegemaran konsumsi ikan di masyarakat dengan berbagai kegiatan.

“Di antaranya bekerja sama dengan sekolah dan komunitas memperkenalkan pola makan sehat kepada masyarakat,” ujar Amanda dalam Rapat Koordinasi Forikan Jabar di Plaza Gedung Sate, Kota Bandung, Jumat (23/8/2024).

Amanda melanjutkan, sehingga bisa menyediakan ikan sebagai salah satu menu makanan bagi anak di setiap keluarga di Jabar.

Dalam rakor tersebut dibahas berbagai program dan kegiatan yang telah dilaksanakan serta merencanakan langkah-langkah konkret ke depan.

Guna meningkatkan efektivitas dan jangkauan terkait dengan peningkatan konsumsi ikan di setiap daerah di Jabar.

Kemudian Amanda menjelaskan pula kegiatan Forikan lainnya, yakni mempromosikan produk lokal melalui pasar dan festival ikan yang  digelar Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Jabar setiap bulan serta melakukan kemitraan dengan pelaku usaha perikanan.

“Selain itu memberikan pelatihan untuk meningkatkan keterampilan dan kapasitas pelaku usaha, serta memperkenalkan program-program yang mendukung kesehatan melalui konsumsi ikan, termasuk inisiatif untuk mengurangi angka stunting dan masalah kesehatan lainnya yang berkaitan dengan kekurangan gizi,” tuturnya.

Pada kesempatan tersebut Amanda juga mendorong agar ikan menjadi salah satu makanan pilihan bagi ibu hamil untuk mempersiapkan kelahiran.

“Mari kita manfaatkan pertemuan ini untuk bertukar informasi, pengalaman, serta ide-ide inovatif yang dapat memperkuat implementasi program-program terkait konsumsi ikan dengan sinergi dan kolaborasi yang baik,” ucapnya.

Ia optimistis Forikan Jabar mampu mencapai target-target yang telah ditetapkan dan menjadikan Jawa Barat sebagai provinsi yang unggul dalam konsumsi ikan.

“Sekali lagi terima kasih atas kehadiran dan partisipasi aktif Anda semua. Semoga rapat koordinasi ini berjalan dengan lancar dan menghasilkan keputusan yang bermanfaat untuk kemajuan bersama,” ujar Amanda.

Kekayaan Laut Melimpah

Kepala Bidang Pembudidayaan Ikan Pengelolaan dan Pemasaran Hasil Perikanan DKP Jabar Dede Hermawan mengungkap bahwa Provinsi Jabar memiliki kekayaan laut yang melimpah sehingga mempunyai potensi besar di sektor perikanan.

Menurutnya, konsumsi ikan yang tinggi tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan, tapi juga mendukung pertumbuhan ekonomi lokal dan keberlanjutan sumber daya perikanan.

“Oleh karena itu upaya untuk mempromosikan konsumsi ikan harus menjadi prioritas dalam program kerja, yang kita tahu bahwa kegiatan ini adalah salah satunya untuk mendukung peningkatan angka konsumsi ikan,” tutur Dede.

“Ini juga salah satu program dalam rangka mendukung pencegahan stunting,” tambahnya.

Terkait stunting, ujar Dede, tak boleh hanya terhenti pada penyuluhan dan kampanye, tapi juga perlu penguatan sistem distribusi.

Serta pemasaran ikan yang berkualitas, serta peningkatan akses masyarakat terhadap produk perikanan yang sehat dan bergizi.

“Dibutuhkan keterlibatan aktif semua pihak baik kabupaten dan kota maupun organisasi masyarakat guna mencapai tujuan bersama ini,” tuturnya.

Lebih lanjut Dede mengingatkan pentingnya menjaga kualitas dan keberlanjutan sumber daya perikanan.

“Dimana upaya pelestarian dan pengelolaan yang bijaksana akan memastikan bahwa generasi mendatang juga dapat menikmati manfaat kekayaan laut yang dimiliki,” tandasnya.

(Herdi/PasundanNews.com)