Sebanyak 11 Sekolah/Madrasah mendapat penghargaan Sekolah Adiwiyata tingkat kabupaten Ciamis tahun 2024. Foto/Hendri.PasundanNews.com

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Sebanyak 11 sekolah dan madrasah di Kabupaten Ciamis mendapat penghargaan Adiwiyata Tingkat Kabupaten tahun 2024.

Penyerahan penghargaan berlangsung di Aula DPRKPLH (Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup) Ciamis, Kamis (13/6/2024).

Hadir dalam kegiatan itu, perwakilan Kementerian Agama Ciamis dan Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah XIII Provinsi Jabar.

Kemudian, Tim Pembina dan Penilai Program Sekolah Adiwiyata Ciamis tahun 2024 serta sejumlah Sekolah Adiwiyata tingkat Kab Ciamis 2024.

Menurut Kepala DPRKPLH Ciamis, Okta Jabal Nugraha menjelaskan kriteria bagi pemenang Sekolah Adiwiyata telah diatur dalam Permen KLHK Nomor P.53 tahun 2019 tentang Penghargaan Adiwiyata.

“Sekolah-sekolah harus melakukan upaya pembinaan, pembentukan karakter kepada muridnya. Tentunya sebagai upaya pelestarian lingkungan di sekolahnya,” jelas Okta.

Ia menerangkan, adiwiyata adalah penghargaan yang diberikan oleh pemerintah kepada sekolah yang berhasil melaksanakan GPBLHS.

GPBLHS atau Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah ini menjadi syarat bagi sekolah untuk masuk nominasi Adiwiyata.

Okta pun berharap tiap tahunnya terus bertambah sekolah di Kabupaten Ciamis yang memiliki karakter peduli lingkungan.

“Bagi sekolah tentunya mereka ingin memiliki sekolah yg asri. Yang terpenting warga sekolah memiliki karakter, berupaya dalam pemeliharaan lingkungan,” tuturnya.

Pihaknya turut mengapresiasi dan merasa terbantu oleh sekolah yang aktif melakukan GPBLHS, mengingat persoalan lingkungan tidak bisa diselesaikan sendiri.

“Semoga menjadi momen membagi fungsi dan peran kolaborasi, sinergi dan akhirnya pemda Ciamis memiliki lingkungan yang asri,” ungkapnya.

11 Sekolah di Ciamis dapat Penghargaan Adiwiyata Tingkat Kabupaten 

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Bidang Penaatan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup (PPKLH) Deasy Ariyanto mengatakan tujuan acara ini yaitu untuk menciptakan anak-anak yang peduli lingkungan.

“Tujuannya menjadikan sekolah atau madrasah yang peduli dan berbudaya hidup, mewujudkan perilaku ramah lingkungan,” katanya.

Ia menyebutkan, penerima penghargaan Adiwiyata tingkat kabupaten tahun ini ada sebanyak 11 sekolah maupun madrasah.

Deasy pun menyampaikan apresiasi kepada sekolah atau madrasah yang telah berpartisipasi dalam melaksanakan GPBLHS.

Adapun sekolah dan madrasah yang meraih Adiwiyata tingkat kabupaten Ciamis tahun 2024 yaitu, SDN 4 Karangpaningal Desa Karangpaningal Kecamatan Purwadadi.

Lalu, SDN 2 Tanjungsari Desa Tanjungsari Kecamatan Sadananya, SDN 2 Sindangmukti Desa Sindangmukti Kecamatan Panumbangan.

Kemudian, SDN 1 Imbanagara Raya Desa Imbanagara Raya, Kecamatan Ciamis, MTsN 10 Ciamis Desa Desa Ciherang Kecamatan Banjarsari.

Selanjutnya, RA Attaqwa Desa Padaringan Raya Kecamatan Ciamis, SDN 1 Imbanagara Raya Kecamatan Ciamis, MTsN 10 Ciamis Kecamatan Banjarsari

Lalu, MTs Al Huda Sadananya Kecamatan Sadananya, SLBN Cijeungjing Kecamatan Cijeungjing, SDN 3 Kertayasa Kecamatan Panawangan, RA Al Fadliliyah Darussalam Kecamatan Cijeungjingfan TK Al Ishlah Kecamatan Kawali.

(Hendri/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakDesa Cibeureum Wakili Kota Banjar dalam Lomba Satkamling Tingkat Polda Jabar tahun 2024
Artikulli tjetër5 Partai di Ciamis Jalin Kerjasama Politik, Usung Satu Pasangan Calon di Pilkada 2024