Salah satu monyet yang masuk ke pemukiman warga di perum Pepabri, Kota Banjar. Foto/Hermanto.PasundanNews.com

BERITA BANJAR, PASUNDANNEWS.COM – Kawanan Monyet liar merangsek masuk permukiman warga di Perum Pepabri, Kota Banjar selama seminggu terakhir.

Primata tersebut diduga berasal dari hutan Karang Kamulyan, Kabupaten Ciamis.

Menurut warga setempat, Abdul Malik (55), fenomena ini sangat meresahkan. Ia merasa khawatir monyet-monyet tersebut menyerang warga terutama anak-anak.

“Kami merasa tidak aman dengan kehadiran monyet-monyet yang semakin berani mendekati rumah. Kami khawatir menyerang warga khususnya anak-anak yang sedang bermain di luar rumah,” ujarnya kepada pasundannews.com, Rabu (24/7/2024).

Abdul menduga monyet-monyet tersebut kelaparan dan mencari makanan di pemukiman warga.

“Hutan Karang Kamulyan yang menjadi habitat alami mereka mungkin mengalami kekurangan makanan, sehingga memaksa mereka untuk keluar dari habitat aslinya,” tuturnya.

Untuk menangani situasi ini, warga bersama petugas pemadam kebakaran (damkar) berupaya mengusir monyet-monyet tersebut.

Namun, tindakan ini hanya bersifat sementara dan tidak memberikan solusi permanen.

“Kami hanya bisa mengusirnya sementara, tapi mereka pasti kembali lagi,” imbuh Abdul.

Abdul juga mengimbau warga agar lebih waspada dan menjaga anak-anak mereka agar tidak bermain di luar rumah tanpa pengawasan.

“ini sebagai pencegahan sementara sambil menunggu solusi dari pihak berwenang. Kami berharap ada tindakan lebih lanjut dari pihak berwenang untuk mengatasi masalah ini,” katanya.

Petugas damkar telah berkoordinasi dengan dinas terkait untuk mencari solusi yang lebih efektif.

“Kami sedang mencari cara terbaik untuk mengembalikan monyet-monyet ini ke habitatnya tanpa membahayakan mereka atau warga,” ujar Diki Agustaf, petugas damkar.

(Hermanto/PasundanNews.com)