Rumah Warga Balokang Ambruk Akibat Lapuk, Jabar Bergerak dan Tagana Turun Tangan. Foto/Hermanto.PasundanNews.com

BERITA BANJAR, PASUNDANNEWS.COM – Rumah milik Muhamad Sidik (53), warga Dusun Parung, RT 41/04, Desa Balokang, Kecamatan Banjar, ambruk pada Kamis (12/9/2024).

Rumah yang sudah lapuk tersebut ambruk sekitar pukul 10.00 WIB saat Sidik sedang berada di teras rumah.

“Saya sedang duduk di teras. Begitu rumah ambruk, saya langsung lari dan meminta tolong ke tetangga,” ujar Sidik, menceritakan detik-detik kejadian tersebut.

Mendengar kabar ini, tetangga Sidik, Utin Nuryatin (62), segera melapor ke Ketua RT setempat.

Tidak lama berselang, berbagai pihak, termasuk tim Jabar Bergerak Kota Banjar, Tagana, dan Baznas, turun ke lokasi kejadian untuk memberikan bantuan.

Baca Juga : Jabar Bergerak Kota Banjar Resmikan Program Bedah Rumah milik Suhanah

Mereka bekerja sama dengan warga setempat untuk mengevakuasi dan membersihkan puing-puing reruntuhan rumah Sidik yang ambruk.

“Kami langsung bergerak cepat untuk membantu membersihkan dan mengamankan lokasi,” ujar ketua Jabar Bergerak Kota Banjar, Ari Faturohman.

Sementara itu, Sidik yang hidup seorang diri, untuk sementara waktu akan diungsikan ke rumah saudaranya yang tidak jauh dari lokasi.

Hal tersebut dilakukan untuk menjaga keselamatan mereka hingga bantuan lebih lanjut bisa diberikan.

Saat ini, pihak terkait sedang mempertimbangkan langkah lanjutan untuk membantu Sidik membangun kembali rumahnya yang telah ambruk, serta memberikan bantuan logistik selama masa pengungsian.

(Hermanto/PasundanNews.com)