Pembukaan PON ke-XXI tahun 2024. Foto/Istimewa

BERITA JABAR, PASUNDANNEWS.COM – Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin menghadiri pembukaan PON ke-XXI 2024 pada di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Aceh, pada Senin (9/9/2024).

PON tahun ini sangat spesial karena pertama kalinya pembukaan digelar di dua tempat berbeda secara bersamaan dan tersinkronisasi.

Kedua lokasi pembukaan ini adalah Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh dan Stadion Baharuddin Siregar, Deli Serdang, Sumatra Utara.

Upacara pembukaan PON 2024 juga menjanjikan pengalaman spektakuler dengan cara menampilkan perpaduan budaya nusantara dan teknologi canggih.

Kemudian disaksikan dan diresmikan Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo.

Presiden Jokowi menegaskan bahwa PON Aceh-Sumut 2024 bukan sekadar kompetisi, melainkan juga ajang untuk melahirkan atlet-atlet terbaik bangsa.

Menurut Jokowi, PON harus menjadi wadah lahirnya lebih banyak pemecah rekor dunia serta calon peraih medali emas di ajang internasional seperti SEA Games, Asian Games, bahkan Olimpiade.

“Namun yang lebih penting PON ini adalah ajang untuk kita semakin mempererat persatuan, memperkokoh tali persaudaraan kita sebagai sebuah bangsa. Oleh sebab itu, saya minta betul junjung tinggi sportivitas dan fair play,” tegas Presiden.

Pembukaan Dilaksanakan di Dua Tempat Berbeda 

PON 2024 yang untuk pertama kalinya diselenggarakan di dua provinsi, yakni Aceh dan Sumatra Utara menjadi simbol kuat persatuan Indonesia dalam keragaman.

Dengan total 65 cabang olahraga yang dipertandingkan, event ini diharapkan menjadi panggung prestasi yang tidak hanya membanggakan masyarakat daerah, tetapi juga seluruh rakyat Indonesia.

Presiden Jokowi pun mengajak seluruh masyarakat untuk merayakan PON 2024 dengan semangat kebersamaan dan kegembiraan, dengan tetap menjunjung tinggi sportivitas di setiap pertandingan.

“Mari kita rayakan PON ke-XXI ini dengan semangat kebersamaan dan sportivitas, namun penuh dengan kegembiraan untuk mengukir prestasi yang membanggakan negeri,” seru Presiden.

Mengakhiri pidatonya, Presiden secara resmi membuka PON Aceh-Sumut 2024 dengan penuh kebanggaan dan optimisme.

“Dengan mengucap bismillahir-rahmanir-rahim, PON ke-XXI Aceh-Sumut saya nyatakan dibuka,” ujar Presiden.

Dalam kesempatan tersebut, Jawa Barat mengirimkan total 816 orang, terdiri dari atlet dan ofisial untuk berpartisipasi di berbagai cabang olahraga pada PON XXI/2024.

Mereka siap berjuang untuk membawa pulang medali dan meraih gelar juara umum untuk ketiga kalinya secara berturut-turut.

(Herdi/PasundanNews.com)