Panwascam atau Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan Padaherang Kabupaten Pangandaran gelar sosialisasi partisipatif Pilkada Serentak 2024. Foto/Saefullah.PasumdanNews.com

BERITA PANGANDARAN, PASUNDANNEWS.COM – Panwascam atau Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan Padaherang Kabupaten Pangandaran gelar sosialisasi partisipatif.

Hal tersebut dilakukan guna mencegah potensi pelanggaran yang terjadi pada Pilkada Serentak tahun 2024 mendatang.

Panwas Padaherang juga telah meluncurkan Forum Warga yang berlangsung pada Jumat (13/9/2024) di Aula Desa Kedungwuluh, Kecamatan Padaherang.

Menurut Ketua Panwas Kecamatan Padaherang, Dudung Nurkhotim Said mengatakan, Forum Warga sebagai ikhtiarnya dalam meningkatkan partisipasi pengawasan partisipatif Pilkada 2024.

“Forum Warga ini menjadi bagian penting untuk memberikan informasi kepada seluruh masyarakat, yang isinya nanti bisa berupa dialog, sosialisasi dan diskusi, agar pemilihan kepala daerah secara serentak tahun 2024 ini berjalan dengan baik,” ujarnya.

Forum Warga ini merupakan organisasi kemasyarakatan yang memiliki anggota di seluruh kecamatan Padaherang, sehingga akan sangat membantu Bawaslu.

“Panwas yang memang mempunyai tugas dan wewenang mengawasi pemilu, namun tidak bisa berjalan sendiri atau mengawasi seluruh Desa tanpa mengajak peran serta masyarakat. Untuk itu, organisasi masyarakat sangat membantu Bawaslu Kecamatan Padaherang untuk menjangkau elemen masyarakat dan juga pemilih pemula,” tutur Dudung.

Sementara itu, Muspika, Solihin Fiktoria, menjelaskan bahwa elemen masyarakat ini untuk ikut serta mengawasi di Pilkada 2024 mendatang.

Kegiatan peluncuran Forum Warga ini juga dilakukan secara serentak oleh pengawas pemilu se-Kabupaten Pangandaran.

“Dengan adanya Forum Warga, diharapkan masyarakat Kecamatan Padaherang dapat lebih aktif dalam mengawasi proses Pilkada 2024, sehingga tercipta pemilihan yang jujur, adil dan demokratis,” tutupnya.

Turut hadir dalam kegiatan peluncuran ini antara lain Camat Padaherang, Kapolsek, Danramil, Ketua MUI, Ketua PUI, Ketua PGRI, Ketua Kwaran, Ketua GP Ansor, Ketua Fatayat.

Kemudian Ketua IPNU, Ketua IPPNU, Ketua MWCNU, Kasarkoryon Banser, Ketua PAC PP, Ketua Karangtaruna, Ketua Anggalarang, Ketua Laskar Pandawa, Ketua GRIB, Ketua FKDT, Ketua KNPI.

(Saefullah/PasundanNews.com)