Ketua KPU Kota Banjar, Muhamad Mukhlis saat melakukan pengecekan Logistik Pilkada Serentak 2024 di gudang KPU, Mekarharja, Kota Banjar. Foto/Hermanto.PasundanNews.com

BERITA BANJAR, PASUNDANNEWS.COM – Logistik untuk  Pilkada Serentak 2024 mulai didistribusikan KPU di berbagai kabupaten/kota, termasuk Kota Banjar, Jawa Barat.

Salah satu logistik yang sudah diterima yaitu bilik suara yang dikirim langsung dari percetakan di wilayah Jawa.

Logistik tersebut tiba di gudang KPU Kota Banjar, pada Kamis (12/9/2024) sekitar pukul 11.40 WIB.

Ketua KPU Kota Banjar, Muhammad Mukhlis, mengatakan, ribuan bilik suara tersebut disimpan dengan aman di Gudang Logistik di Jalan Siliwangi, Desa Mekarharja, Kecamatan Purwaharja.

“Kita telah kedatangan logistik berupa bilik suara. Total lebih dari 1.000 bilik sudah tiba dan disimpan di gudang KPU,” ujar Mukhlis, Sabtu (14/9/2024).

Mukhlis menjelaskan bahwa surat suara masih belum dicetak karena proses Pilkada Serentak 2024 masih dalam tahapan penetapan calon dan nomor urut.

“Surat suara masih menunggu juknis KPU RI. Cetak belum dimulai karena belum ditetapkan calon dan nomor urut,” katanya.

Untuk memastikan keamanan logistik, Ia menegaskan bahwa lokasi gudang sudah terjamin aman, seperti pada Pemilu 2024 sebelumnya.

“Gudang yang digunakan ini sama seperti yang digunakan pada Pemilu 2024 lalu. Pengamanan logistik dijaga ketat oleh petugas internal KPU,” tambahnya.

Selain itu, Bawaslu Kota Banjar turut serta dalam pengawasan logistik yang diterima oleh KPU.

Ketua Bawaslu Kota Banjar, Rudi Ilham Ginanjar, menyatakan bahwa pihaknya turut hadir saat kedatangan bilik suara dan memeriksa kelayakan gudang.

“Kami memastikan jumlah bilik suara sesuai. Kami juga mengecek kondisi gudang,” ujarnya.

Rudi menambahkan bahwa secara umum gudang sudah aman, namun ada beberapa kamera pengawas (CCTV) yang perlu diperbaiki.

“Gudang aman, hanya beberapa CCTV perlu dikoneksikan kembali. Secara keseluruhan tidak ada kendala berarti,” jelasnya.

Dengan logistik yang mulai tiba, KPU Kota Banjar saat ini tengah fokus pada tahapan verifikasi keabsahan dokumen pencalonan untuk Pilkada Serentak 2024.

(Hermanto/PasundanNews.com)

 

 


Kirim dari Fast Notepad