Lembaga Pers Mahasiswa Islam (LAPMI) HMI Ciamis menggelar Basic Training Jurnalistik (BTJ) bertempat di Lembur Kaulinan Sakola Motekar Kabupaten Ciamis. Foto/PasundanNews.com

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – LAPMI (Lembaga Pers Mahasiswa Islam) HMI Cabang Ciamis wacanakan untuk menjadi corong aktivisme digital.

Sebagaimana disampaikan perwakilan Majelis Daerah KAHMI (Korps Alumni HMI) Kabupaten Ciamis Mohamad Ijudin.

Menurutnya, era digital saat ini memudahkan gerakan-gerakan HMI untuk semakin progresif mengawal isu-isu lokal maupun nasional.

“Era digital saat ini memudahkan akses untuk mengawal kebijakan,” ujar Ijudin saat membuka acara BTJ (Basic Training Journalistic) LAPMI HMI Ciamis, Sabtu (13/7/2024) di Lembur Kaulinan Cibunar Sakola Motekar Ciamis.

LAPMI HMI Ciamis secara resmi telah launching kegiatan BTJ untuk kader se-wilayah kerja HMI Cabang Ciamis.

Dalam pembukaan tersebut turut hadir Pegiat Sakola Motekar Deni Weje selaku tuan rumah tempat kegiatan, serta para Ketua Umum Komisariat se-wilayah kerja HMI Ciamis.

Sejurus disampaikan Ijudin, Deni Weje menambahkan bahwa ruang soft skill seperti BTJ ini perlu dilakukan secara berkelanjutan.

Kemudian juga nilai komitmen dan konsistensi untuk meningkatkan kapasitas kader jangan sampai ditinggalkan.

“Para peserta, pasca mengikuti BTJ ini harus konsisten, dimulai dengan penggalian kesadaran untuk meningkatkan skill menulis,” jelasnya.

LAPMI HMI Ciamis sebagai Media Pengambangan Kader 

Dalam laporan Ketua Pelaksana Indra Gunawan menyebutkan, bahwa LAPMI HMI Ciamis ini sempat vakum.

“Sebelumnya di akhir tahun 2023 dilaksanakan BTJ, tahun ini kita kembali lagi melaksanakannya. Semoga kegiatan ini bisa bernilai untuk mengembangkan potensi kader,” tuturnya.

Sementara itu Direktur Utama LAPMI Ciamis, Syafrudin Hilmi mengatakan LAPMI sebagai LPP di HMI akan senantiasa mewadahi minat dan bakat kader.

“Melalui BTJ ini, semoga minat kepenulisan kader, terlebih di dunia jurnalistik bisa semakin dikembangkan,” ungkapnya.

Upaya Meningkatkan Leadership dan Kreatifitas

Hal senada disampaikan Sekretaris Umum HMI Ciamis, Ade Maulana Yusuf atau akrab disapa Maul.

Ia turut mengapresiasi upaya LAPMI Ciamis atas terselenggaranya pelatihan jurnalistik atau BTJ tahun 2024.

“Kami sangat apresiasi atas upaya LAPMI HMI Ciamis untuk beritikad memasifkan kembali kaderisasi LPP HMI,” katanya.

Maul berharap poin leadership dan kreatifitas yang menjadi framework perkaderan HMI menjadi bekal untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia seorang kader.

“BTJ ini menjadi ruang untuk meningkatkan poin kreatifitas kawan-kawan. Apalagi di era digital saat ini, gerakan aktivisme bisa lebih efektif dan efisien,” tandasnya.

Kegiatan BTJ tersebut akan berlangsung selama tiga hari mulai tanggal 13 hingga 15 Juli 2024 bertempat di Lembur Kaulinan Cibunar Sakola Motekar Ciamis.

Para peserta akan mengenali materi-materi dasar tentang kepenulisan dan dunia jurnalistik.

(Hendri/PasundanNews.com)