KPU Ciamis menggelar bimtek kehumasan bagi anggota PPK se Kabupaten Ciamis yang berlangsung di Aula Hotel Priangan Ciamis. Foto/PasundanNews.com

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) dari 27 kecamatan di Kabupaten Ciamis turut meningkatkan kualitas komunikasi publik.

Hal tersebut disampaikan Koordinator Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat KPU Ciamis, Said Attanjani,

Kegiatan ini berlangsung pada Kamis (15/8/2024) di Aula Hotel Priangan, Ciamis.

Said mengatakan, tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kapasitas SDM PPK dalam komunikasi publik tentang penyelenggaraan Pemilu 2024.

“Fokus utama dari kegiatan ini adalah memberikan pemahaman tentang pentingnya komunikasi efektif melalui media sosial, terutama dalam menyampaikan informasi tahapan Pilkada 2024 kepada masyarakat,” paparnya.

Said melanjutkan, pihaknya berharap agar setiap PPK mampu memanfaatkan media sosial sebagai sarana yang efektif dalam menyebarkan informasi kepada masyarakat.

“Menyebarkan informasi terkait tahapan Pemilu, mulai dari tingkat kecamatan hingga ke desa,” ujarnya.

Kemudian, dalam Bimtek ini hadir tiga narasumber dari kalangan media untuk memberikan materi terkait teknik jurnalistik.

Antara lain yaitu Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Ciamis, Ketua Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Ciamis, dan Ketua Ikatan Penulis dan Jurnalis Indonesia (IPJI) Ciamis.

Sampaikan Informasi Tahapan Pilkada dengan Teknik Jurnalistik 

Para narasumber ini memberikan pelatihan mengenai teknik pengambilan video, teknik penulisan berita online, serta teknik fotografi yang dapat diterapkan oleh anggota PPK dalam membuat laporan kehumasan.

Ketua PWI Ciamis, Anthika Asmara, menekankan pentingnya Bimtek Kehumasan KPU Ciamis agar PPK mampu menguasai teknik jurnalistik.

“Menguasai teknik jurnalistik bukan hanya membantu menyampaikan informasi secara efektif, tetapi juga memastikan informasi tersebut dapat diterima dengan baik oleh masyarakat luas. Dengan teknik yang tepat, kita bisa menyajikan konten yang menarik dan informatif di media sosial,” tuturnya.

Selain itu, Antik juga memberikan tips tentang teknik fotografi kehumasan dengan menggunakan ponsel.

Menurutnya, aplikasi kamera yang baik dan pemahaman mengenai mode manual sangat penting dalam menghasilkan foto yang berkualitas tinggi.

Ia menegaskan, kualitas lensa dan kemampuan editing juga berperan besar dalam menyempurnakan hasil foto yang akan dipublikasikan.

“Oleh karena itu, fungsi kehumasan diperlukan untuk selalu mempublikasikan dan menginformasikan kepada masyarakat tentang kegiatan dan hasil tahapan Pemilu,” pungkasnya.

(Herdi/PasundanNews.com)