Ragam

Kemendagri dan Kesbangpol Jawa Barat Gelar Forum Kemitraan Ormas

PASUNDANNEWS.COM, BANDUNG – Puluhan perwakilan Organisasi kemasyarakatan (Ormas) se-Jawa Barat menghadiri undangan dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri RI) yang bekerjasama dengan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Provinsi Jawa Barat, di GH Universal Hotel, Bandung, senin (14/10/2019).

Kegiatan mengusung tema ‘Forum Kemitraan Ormas Dalam Rangka Peningkatan Kapasitas Kelompok Perempuan, Difabel, Dan Kelompok Rentan/termajinalkan Lainnya’.

Turut hadir dalam acara perwakilan dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum), Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Jawa Barat, Dr. H. Herri Hudaya, Dosen IPDN, Prof. Muchlis Hamdi, serta praktisi Ormas, Agung Wijaya.

Acara berlangsung dengan Informatif serta interaktif. Para pemateri menyuguhkan bahan aktual untuk dijadikan kajian serta masukan bagi Ormas maupun internal pemerintah.

“Setiap Ormas harus berkontribusi terhadap pembangunan di Jawa Barat, serta menjaga keamanan Jawa Barat dari segala kemungkinan yang dapat mengacaukan Jawa Barat. Harus gunakan pendekatan terhadap SKPD untuk menghilangkan stigma Ormas pericuh,” Ucap Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Jawa Barat, Dr. H. Herri Hudaya dalam penyampaiannya.

Sementara itu, Prof. Muchlis Hamdi menyampaiakan bahwa membentuk Ormas merupakan hak setiap warga negara dan itu terjadi secara alamiah.

“Jangan lupa, setiap Ormas juga memiliki Hak dan tanggung jawab,”tuturnya

Praktisi Ormas, Agung Wijaya menuturkan, kaum perempuan dan difabel jarang dilibatkan dalam setiap pengambilan keputusan termasuk untuk urusan mereka sendiri, seperti urusan keperempuan di Aceh masalah MCK, itu tanpa melibatkan perempuan, padahal perempuan dan laki-laki memiliki kebutuhan yang berbeda, pun dengan difabel seperti itu

“Jangan sampai Kita terjebak kepada bias gender Yang menyamaratakan semua hal laki-laki dan perempuan. Kesetaraan gender adalah persamaan hak laki-laki dan perempuan dalam mengakses setiap kesempatan dan peluang yang ada,” tegasnya

Redaksi

Leave a Comment

Recent Posts

Patroli Gabungan Amankan 12 Unit Sepeda Motor dan 2 Botol Miras di Kota Banjar

BERITA BANJAR, PASUNDANNEWS.COM - Sebanyak 12 unit sepeda motor yang tidak sesuai spesifikasi teknis dan…

51 menit ago

Pengurus DPK PPNI Resmi Dilantik di Pangandaran, Ini Pesan Ketua DPD Agus Maliana

BERITA PANGANDARAN, PASUNDANNEWS.COM- DPK PPNI (Dewan Pengurus Komisariat Persatuan Perawat Nasional Indonesia) Kabupaten Pangandaran resmi…

2 jam ago

Mengenal Lebih Dekat Dr. Triadi RD, Bacalon Bupati Pangandaran 2024-2029

BERITA PANGANDARAN, PASUNDANNEWS.COM- Bacalon (Bakan Calon) Bupati Pangandaran 2024-2029, Dr Triadi RD secara konsisten terus…

3 jam ago

Syukuran Dalijo, Bersama Rakyat Menyongsong Masa Depan Kota Banjar

BERITA BANJAR, PASUNDANNEWS.COM - Anggota DPRD Kota Banjar, Dalijo menggelar acara syukuran setelah terpilih kembali…

18 jam ago

Petahana Ciamis Herdiat Diusung Golkar, Ketua DPD : Tetap Lurus Gak Akan Berbelok

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM - Petahana Bupati Ciamis Herdiat Sunarya diusung partai Golkar. Ia masuk kembali…

18 jam ago

Jelang Pilkada Pangandaran, Ujang Endin Minta PPDI Kompak Sukseskan Pesta Demokrasi di Tingkat Lokal

BERITA PANGANDARAN, PASUNDANNEWS.COM- Wakil Bupati Pangandaran, H. Ujang Endin Indrawan meminta kepada PPDI agar dapat…

18 jam ago