Ciamis

Kadisdik Ciamis Apresiasi dan Sambut Baik Usulan DPRD Tentang Adanya TPP Untuk PNS Fungsional

PASUNDANNEWS.COM, CIAMIS – Ketua Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ciamis, Syarif Sutiarsa, akan memperjuangkan Tunjangan Penghasilan Pegawai (TPP) PNS Fungsional, yang selama ini bekerja maksimal dalam melakukan pelayanan kepada masyarakat.

“PNS tenaga fungsional yang dimaksud adalah guru dan tenaga kesehatan,” ujar Syarif seusai menggelar silaturahmi dengan komponen Dinas Pendidikan dan Kesehatan di Gedung DPRD Ciamis, Rabu (30/10/2019).

Selama ini kata Syarif, Pemkab Ciamis baru memberikan TPP kepada PNS struktural saja, sedangkan PNS fungsional belum ada. Alasanya, karena guru dan tenaga kesehatan sudah mendapatkan tunjangan dari pemerintah pusat. Guru mendapatkan sertifikasi sedangkan tenaga kesehatan mendapatkan tunjangan kapitasi.

“Tapi itukan dari pemerintah pusat, sedangkan dari pemerintah daerah tidak ada. Sehingga saya kira perlu adanya suatu keadilan, karena guru dan tenaga kesehatan juga merupakan bagian dari PNS Pemkab Ciamis,” jelasnya.

Syarif menegaskan, TPP itu harus diberikan pemerintah daerah kepada seluruh ASN sesuai amanat Permendagri Nomor 13 tahun 2006 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah.

“Jadi TPP itu kewajiban yang harus dibayar karena amanat Permen, tidak hanya ke yang struktural, namun yang fungsional juga,” ungkapnya.

Lebih lanjut Syarif mengatakan, tuntutan guru ataupun tenaga kesehatan tidak berlebihan terhadap nilai TPP dalam besarannya, yang terpenting mereka ingin adanya sebuah keadilan dan pengakuan.

“Terkait dengan besaran nilai TPP, bisa disesuaikan dengan kemampuan APBD. Mereka tidak menuntut banyak, hanya sebatas ingin ada pengakuan saja. Mulai pembahasan anggaran tahun 2020, kami legislatif akan memperjuangkannya,” kata Syarif.

Dihubungi terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis Dr. H. Tatang, mengapresiasi dan menyambut baik usulan yang di inisiasi DPRD Ciamis tentang TPP untuk tenaga fungsional guru. Hanya saja, pihaknya lebih cenderung memprioritaskan tunjangan bagi guru sukwan yang selama ini mengabdi tanpa pamrih.

“Apresiasi dan menyambut baik usulan DPRD tentang TPP bagi guru PNS, itu sangat bagus dalam upaya peningkatan kinerja, namun ada yang lebih prioritas yakni guru sukwan. Akan lebih bijak apabila Pemda menganggarkan tunjangan bagi tenaga sukwan yang selama ini hanya menerima honor yang tidak sesuai dengan beban kerjanya,” jelasnya.

Dikatakan bahwa saat ini, jumlah guru PNS dan Sukwan di lembaga pendidikan baik PAUD/TK, SD dan SLTP tidak berbeda jauh. Guru PNS rata-rata sekitar 60 persen dan 40 persen sisanya merupakan guru sukwan.

Contoh kata H. Tatang, jumlah guru di SD Negeri di Ciamis mencapai 6.046 orang. Sebanyak 3.460 guru berstatus PNS dan sisanya 2.586 merupakan tenaga sukwan.

“Begitu sangat banyak jumlah guru sukwan ini, mereka bekerja tanpa pamrih di banyak SD Negeri yang kekurangan guru PNS, saya pikir guru sukwan ini yang harus diprioritaskan dari segi kesejahteraanya. Sehingga kinerja mereka bisa lebih meningkat lagi dalam mendidik anak-anak penerus bangsa. Ini semua merupakan PR bersama Pemerintah dan legislaltif agar pendidikan dimasa mendatang di ciamis lebih baik dan lebih berkualitas,” tandasnya. (Hen)

Hendry

Leave a Comment

Recent Posts

Sekda Jabar Sampaikan Pemdaprov akan Terus Upayakan Harga Bahan Pokok Tetap Terjangkau

BERITA JABAR, PASUNDANNEWS.COM - Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Barat Herman Suryatman sampaikan bahwa pemprov…

11 menit ago

KPU Ciamis Tetapkan Hasil Pemilihan Anggota Legislatif 2024, 10 Partai Politik kembali Dominasi

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM - KPU (Komisi Pemilihan Umum) Kabupaten Ciamis telah menetapkan hasil pemilihan anggota…

25 menit ago

Empat Parpol di Ciamis Matangkan Koalisi, Siapkan ‘Satria Piningit’ untuk Pilkada 2024

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM - Empat Parpol (Partai Politik) di Kabupaten Ciamis adakan pertemuan di salah…

5 jam ago

Kolaborasi dengan Lembaga Pendidikan Tinggi, Upaya Bersama Mencapai Kesejahteraan Masyarakat Jabar

BERITA JAWA BARAT, PASUNDANNEWS.COM - Pemda Provinsi Jawa Barat siap untuk berkolaborasi dengan lembaga pendidikan…

18 jam ago

KPU Pangandaran Tetapkan Calon Anggita DPRD Terpilih Pemilu 2024

BERITA PANGANDARAN, PASUNDANNES.COM- KPU Pangandaran menetapkan perolehan kursi partai dan calon terpilih anggota DPRD Pangandaran…

18 jam ago

Program JKN, Sekda Herman Suryatman sebut Jawa Barat Targetkan UHC 98 Persen

BERITA JABAR, PASUNDANNEWS.COM - Program JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) adakan monitoring dan evaluasi implementasi pada…

19 jam ago