Jelang Hari Sungai Nasional, BBWS Citanduy Gelar Saresehan dan Goes to School. Foto/Hermanto.PasundanNews.com

BERITA BANJAR, PASUNDANNEWS.COM – Menjelang Hari Sungai Nasional yang jatuh pada tanggal 27 Juli mendatang, Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citanduy menggelar berbagai kegiatan.

Rangkaian kegiatanl diawali dengan Saresehan yang melibatkan Komunitas Peduli Sungai (KPS). Saresehan digelar di kantor BBWS Citanduy, Senin (22/7/2024).

Sebanyak 23 KPS dari berbagai daerah mengikuti saresehan dengan tema “Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat dan Pelestarian Sumber Daya Air”.

Kepala Bagian Umum dan Tata Usaha, Wahyu Agustia menyebut, kegiatan ini bertujuan meningkatkan kesadaran menjaga kebersihan dan kelestarian sungai Citanduy.

“Saya sangat berharap saresehan ini dapat meningkatkan kepedulian dan semangat untuk menjaga keseimbangan alam dan ekosistem sungai Citanduy,” ujarnya.

Saresehan menghadirkan narasumber dari berbagai elemen seperti Agus Maryono dari Universitas Gadjah Mada, Bambang Mulyo dari KPS Boyong Sinduharjo.

Kemudian, Titik Ai Luh dari KPS Kebom Empring Yogyakarta serta Indra Darmawan dari KPS Bening Saguling Foundation Bandung.

Selain saresehan, BBWS Citanduy juga melakukan upaya kesadaran sejak dini peduli sumber daya air terhadap anak-anak. Selasa (23/7/2024) pagi.

BBWS menggelar kegiatan Citanduy Goes to School yang diikuti siswa SDN 02 Panulisan Timur Cilacap, SMP Negeri 7 Kota Banjar dan SMP Negeri 1 Cisaga.

“Kegiatan edukasi bagi siswa ini semoga menumbuhkan sikap berperan aktif menjaga kelestarian sungai dan menjaga sumber daya air,” kata Yudhi.

Menurut Yudhi, Indonesia saat ini dihadapkan dengan  berbagai tantangan dalam pengelolaan sumber daya air diantaranya kekeringan dan penurunan kualitas air.

Ia menyebutkan, World Health Organization (WHO) dan United Nation Children’s Fund (UNICEF) mencatat tahun 2023 lalu anak-anak dan 2,2 miliar orang di seluruh dunia kesulitan mendapatkan air bersih.

Rangkaian kegiatan ini juga diisi dengan lomba mewarnai, melukis, lomba foto dan video bertemakan “Sungai sebagai Sumber Kehidupan”.

Puncak peringatan Hari Sungai Nasional 2024 akan digelar deklarasi komitmen melestarikan sungai Citanduy serta susur sungai dan bazar UMKM.

(Hermanto/PasundanNews.com)