Bandung Raya

Hujan Lebat, 8.790 Rumah di Kabupaten Bandung Terendam Banjir

Bandung, Pasundannews – Hujan yang mengguyur Kabupaten Bandung semenjak Minggu (20/6/6) sore, membuat sedikitnya 3 kecamatan terendam banjir. Tidak cuma itu, banjir dengan ketinggian air mencapai 60 centimeter itu merendam ribuan rumah masyarakat.

Menurut laporan Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat, banjir di Kabupaten Bandung meliputi Kecamatan Bojongsoang, Dayeuhkolot, serta Baleendah.

“Pemicu banjir, hujan dengan intensitas besar di daerah Kabupaten Bandung pada 20 Juni 2021 dari jam 18. 00 Wib,” kata Wakil Manajer Pusdalops BPBD Jabar Hadi Rahmat, Senin (21/6).

Di Kecamatan Bojongsoang, jumlah masyarakat terdampak banjir mencapai 2.482 KK ataupun setara 7.070 jiwa. Sedangkan jumlah rumah terendam sebanyak 188 unit. Ketinggian air mencapai 10- 40 centimeter.

Di Kecamatan Dayeuhkolot, jumlah masyarakat terdampak banjir mencapai 5.761 KK ataupun setara 19.950 jiwa. Banjir di kawasan ini merendam sedikitnya 4.165 rumah, 8 tempat ibadah, serta 2 sekolah.

Banjir di Dayeuhkolot pula membuat 12 KK mengungsi yang terdiri dari 22 jiwa, 6 di antara lain lanjut usia. Ada pula ketinggian air mulai dari 20-60 centimeter.

Di Kecamatan Baleendah, jumlah masyarakat terdampak banjir menggapai 8.624 KK ataupun 32.799 jiwa. Banjir pula merendam sedikitnya 4.439 rumah, 1 sekolah, 8 TK, 5 madrasah, 2 PAUD, serta 20 masjid. Adapun tinggi muka air menggapai 10-50 centimeter.

Lalu Lintas Terendam Banjir

Kemudian dalam laporannya, BPBD mengatakan kalau beberapa jalan raya masih tergenang. Seperti di Jalur Andir-Katapang yang masih belum dapat di lalui sebab tinggi permukaan air menggapai 10-50 centimeter.

Tetapi, beberapa ruas jalan di laporkan telah dapat di lalui. Seperti di Jalan Raya Ciparay-Dayeuhkolot, Jalur Raya Depan Metro Surut, serta Jalur Cigebar-Cijagra.

“Di beberapa jalan di lokasi kejadian telah mulai surut sebagian,” ucap Hadi.

Untuk itu, BPBD berkoordinasi dengan pihak Kecamatan Dayeuhkolot, Bojongsoang, Baleendah serta sukarelawan untuk melakukan kaji cepat serta evakuasi ke lokasi banjir. Dan mempersiapkan posko pengungsian di posko BPBD Baleendah serta berkoordinasi dengan koordinator masing-masing pengungsi yang terendam banjir.

*Angga*

Feri Johansah

Leave a Comment

Recent Posts

Gempa Garut, Tagana dan BPBD Ciamis Evakuasi Sejumlah Rumah Warga

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM - Gempa yang mengguncang wilayah Kabupaten Garut berkekuatan 6.5 skala richter terjadi…

9 jam ago

Halal Bihalal MUI bersama Pemdes Kalipucang, Warga Ikut Antusias

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM - Halal bihalal MUI (Majelis Ulama Indonesia) bersama Pemerintah Desa Kalipucang, Kecamatan…

12 jam ago

Diguncang Gempa Garut 6,5 Magnitudo, Rumah Warga di Situbatu Kota Banjar Ambruk

BERITA BANJAR, PASUNDANEWS.COM - Rumah semi permanen di Kota Banjar, Jawa Barat, ambruk setelah gempa…

16 jam ago

Momen Silaturahmi dan Kebhinekaan, Kades Cibeureum Gelar Halal Bihalal Idul Fitri 1445 Hijriyah

BERITA BANJAR, PASUNDANEWS.COM - Kepala Desa (Kades) Cibeureum, Kota Banjar, Jawa Barat, Yayan Sukirlan, bersama…

16 jam ago

Bikin Heboh! Pengusaha Asal Bandung Nyawer Biduan dan Penonton Hingga Puluhan Juta di Pangandaran

BERITA PANGANDARAN, PASUNDANNEWS.COM - Fajar Arisyadi, penguasa rumah makan di Pangandaran adakan acara syukuran khitanan…

17 jam ago

Hujan Deras Guyur Wilayah Ciamis Akibatkan Longsor dan Pergeseran Tanah

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM - Hujan deras dengan mengguyur wilayah Kabupaten Ciamis tepatnya di Kecamatan Cihaurbeuti…

1 hari ago