Forkopimcam Purwaharja dan Jabar Bergerak Kota Banjar Lakukan Gerakan Intervensi Serentak Cegah Stunting di lingkung Parungsari,Kelurahan Karangpanimbal, Kecamatan Purwaharja, Kota Banjar, Jawa Barat, Rabu (5/6/2024). Foto/Hermanto.PasundanNews.com

BERITA BANJAR, PASUNDANNEWS.COM – Forkopimcam Purwaharja bersama Jabar Bergerak Kota Banjar lakukan  gerakan intervensi serentak pencegahan stunting di Kelurahan Karangpanimbal, Rabu (5/6/2024).

Kegiatan ini berlangsung di Posyandu Mawar, Lingkung Parungsari, Kecamatan Purwaharja, Kota Banjar.

Camat Purwaharja, Rina Purnama Sari, menjelaskan, stunting merupakan kondisi gagal pertumbuhan pada anak akibat kekurangan gizi dalam waktu yang lama.

“Kasus stunting di Purwaharja ada 67, sedangkan di Kelurahan Karangpanimbal terdapat 13 anak yang mengalami stunting,” ujarnya.

Rina menyebutkan, gerakan ini bertujuan untuk menurunkan angka stunting bagi calon pengantin, bayi dan balita, ibu hamil, serta ibu pasca persalinan.

“Jumlah kasus stunting menurun dari tahun 2023 yang mencapai 70 kasus, kini menjadi 67 kasus,” kata Rina.

Kepala Puskesmas Purwaharja 1, Iin Solikin, menyatakan, kegiatan ini dilaksanakan sesuai jadwal posyandu di masing-masing lingkungan.

“Kegiatan serentak di bulan Juni 2024 ini kita sesuaikan dengan jadwal posyandu di lingkungan masing-masing,” katanya.

Iin menjelaskan, ciri-ciri stunting yaitu pertumbuhan dan perkembangan terhambat, wajah terlihat lebih muda dari usianya.

Kemudian juga tampak kemampuan berpikir dan memori rendah, serta postur tubuh tidak maksimal dan membuat anak lebih mudah sakit.

“Untuk itu, kami akan terus berupaya melakukan intervensi dan edukasi untuk mencegah stunting di wilayah kami,” kata Iin.

Sementara itu, Jabar Bergerak Kota Banjar berpartisipasi dalam kegiatan ini melalui program JAMU PERKASA (Jabar Bergerak Membantu Program Peningkatan Keluarga Sehat dan Sejahtera).

“Kami memberikan bingkisan berupa makanan sehat tambahan seperti susu, roti, dan lain-lain untuk setiap anak,” ujar Ketua Jabar Bergerak Kota Banjar, Ari Faturohman.

Menurut Ari, partisipasi Jabar Bergerak bertujuan untuk mendukung upaya peningkatan gizi dan kesehatan anak-anak.

“Kami berharap dengan adanya program ini, angka stunting di Kota Banjar dapat terus menurun,” kata Ari.

Selain memberikan makanan sehat, Forkopimcam bersama Jabar Bergerak juga melakukan edukasi kepada masyarakat mengenai pentingnya gizi seimbang bagi anak-anak. Edukasi ini penting agar masyarakat semakin sadar akan pentingnya pencegahan stunting.

Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan anak-anak di Kelurahan Karangpanimbal dan sekitarnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut yakni Kapolsek Purwaharja, Iptu Ahmad Iskandar, Perwakilan Koramil Banjar, Pelda Sigit, Sekmat Purwaharja, Nurrohman.

Kemudian, Lurah Karangpanimbal, Shelsa Giantari Artoyo, Bhabinkamtibmas dan Babinsa Karangpanimbal, serta relawan Jabar Bergerak.

(Hermanto/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakNganjang ke Demokrat Jabar, KDM Siapa Tahu Berjodoh
Artikulli tjetërWorld Environment Day 2024, DPRKPLH Ciamis Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian Lingkungan