Galuh Digital Festival yang berlangsung di Taman Lokasana Ciamis dalam rangka Hari Jadi Ciamis ke-382. Foto/Istimewa

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Hari Jadi Ciamis ke-382 salah satunya dirayakan melalui event Galuh Digital Festival tahun 2024.

Kabupaten Ciamis merayakan hari jadinya dengan semangat inovasi digital yang berlangsung pada Jumat (14/6/2024) di Taman Lokasana, Ciamis.

Acara yang digagas oleh Pemkan Ciamis bersama Bank Indonesia (BI) ini bertujuan mempercepat digitalisasi daerah serta mengembangkan ekosistem digital yang inklusif.

Pj Bupati Ciamis, Engkus Sutisna, mengungkapkan bahwa Galuh Digital Festival bukan sekadar acara perayaan semata.

Melainkan juga merupakan wujud komitmen untuk menjadikan Ciamis sebagai salah satu yang terdepan dalam penerapan teknologi digital di Indonesia.

“Event ini menjadi ajang untuk memperkuat kolaborasi antara Pemkab Ciamis dengan berbagai pihak terkait dalam memajukan digitalisasi daerah,” ujarnya.

Salah satu highlight dari Galuh Digital Festival tahun ini adalah peluncuran aplikasi WebR dan program Galuh Go Digital.

Aplikasi WebR merupakan sistem informasi web register. Aplikasi ini diharapkan dapat meningkatkan transparansi dan efisiensi dalam pengelolaan retribusi daerah.

“Aplikasi ini diharapkan proses pembayaran retribusi daerah dapat lebih terstruktur dan akuntabel,” ujarnya.

Sementara itu, program Galuh Go Digital merupakan langkah strategis Pemkab Ciamis untuk mendorong masyarakat beralih ke transaksi digital.

Melalui pemberian insentif kepada wajib pajak, program ini dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam ekosistem digital serta mengoptimalkan PAD.

Tak hanya fokus pada digitalisasi, kegiatan ini juga menunjukkan kepedulian pemerintah kepada masyarakat dengan menyelenggarakan operasi pasar murah (OPM).

“OPM merupakan langkah konkret dalam mengendalikan inflasi pangan, menjaga stabilitas harga, dan memenuhi kebutuhan pokok masyarakat,” katanya.

Acara ini juga diisi dengan serangkaian kegiatan yang mendukung implementasi program unggulan Gerakan Nasional Penguatan Inflasi Pangan (GNPIP) tahun 2024.

(Herdi/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakPengurus KORPRI Ciamis Dikukuhkan, Pj Bupati Ingatkan Netralitas ASN Jelang Pilkada Serentak 2024 
Artikulli tjetërDua Warga di Ciharalang Ciamis Alami Luka Bakar Akibat Ledakan Saluran Limbah Gas Elpiji