Ketua KPU Kota Banjar, Muhammad Mukhlis saat konferensi pers di KPU Kota Banjar usai pendaftaran para pasangan bakal calon Walikota dan wakil walikota Banjar. Foto/Hermanto.PasundanNews.com

BERITA BANJAR, PASUNDANNEWS.COM – Empat Paslon (pasangan calon) Walikota dan Wakil Walikota Banjar menjalin tes kesehatan di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung.

Tes kesehatan ini dilakukan sejak Jumat (30/8) hingga Minggu (31/8), meliputi tes kesehatan fisik, mental atau kejiwaan, serta tes narkoba, sebagai syarat untuk maju di Pilkada 2024.

Ketua KPU Kota Banjar, Muhammad Mukhlis, membenarkan bahwa empat Paslon tersebut saat ini sedang melakukan tes kesehatan.

“Ya betul semua pasangan calon hari ini sampai Minggu akan menjalani pemeriksaan kesehatan,” ungkap Mukhlis kepada PasundanNews melalui sambungan telepon.

Mukhlis mengatakan, pemeriksaan ini sangat penting untuk memastikan seluruh calon dalam kondisi yang optimal untuk menjalankan tugas sebagai pemimpin daerah.

Pada Jumat petang, semua pasangan calon telah menyelesaikan tes kejiwaan yang dilakukan bersama beberapa pasangan calon dari daerah lain di Jawa Barat.

Selanjutnya, pada Sabtu (31/8), para pasangan calon akan menjalani pemeriksaan kesehatan umum atau General Check Up.

Baca Juga : KPU Tutup Pendaftaran, Pilwakot Banjar Akan Diikuti 4 Bakal Pasangan Calon 

Pemeriksaan ini akan dilakukan oleh tim dokter umum dan spesialis yang telah disiapkan oleh RSHS Bandung.

Tes ini penting untuk mengevaluasi kondisi mental calon dalam menghadapi tekanan dan tanggung jawab besar sebagai pemimpin daerah.

“Besok pasangan akan mengikuti tes General Check Up,” kata Mukhlis.

Mukhlis melanjutkan, pihak rumah sakit telah melibatkan sebanyak 25 dokter spesialis untuk menangani tes atau  pemeriksaan kesehatan ini.

Spesialis yang terlibat antara lain dokter mata, THT, dan dokter penunjang seperti ahli Elektrokardiogram (EKG) yang akan memastikan kondisi kesehatan jantung para calon.

Pemeriksaan kesehatan ini juga diikuti oleh pasangan calon kepala daerah dari berbagai tingkatan, baik tingkat provinsi maupun kota/kabupaten di Jawa Barat.

“Total, ada 26 pasangan calon yang menjalani pemeriksaan serupa di RSHS Bandung” ungkapnya.

Proses pemeriksaan kesehatan ini menjadi salah satu tahapan krusial dalam seleksi calon kepala daerah.

Hasil dari tes kesehatan ini menjadi salah satu faktor penting dalam menentukan kelayakan pasangan calon untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya dalam kontestasi Pilkada 2024.

(Hermantol/PasundanNews.com)