Ciamis

Duta KPA Ciamis, Garda Terdepan Perangi HIV/AIDS

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Duta Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Kabupaten Ciamis sebagai garda terdepan perangi HIV/AIDS.

Melalui lomba edukasi HIV/AIDS antar Duta KPA tingkat SMA dan SMK Negeri se-Kabupaten Ciamis Bupati Ciamis berharap generasi muda agar selalu aktif mensosialisasikan HIV dan AIDS.

Dari lomba tersebut, para Duta KPA Ciamis menghadiri acara penyerahan hadiah bagi para pemenang yang bertempat di Joglo Barat Pendopo, Sabtu (24/12/2022).

Bupati Ciamis selaku Ketua KPA menyampaikan selain memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait cara penularannya penting juga sampaikan terkait pencegahannya.

“Sebagai generasi penerus tentu kita harus bisa menghindarinya, karena penyebab HIV AIDS karena perilaku sex yang menyimpang,” jelas Herdiat.

Menurutnya, saat ini banyak orang tua yang ragu ketika membahas perihal seks kepada anak-anaknya, padahal hal tersebut penting untuk disampaikan.

“Orang tua kita kadang seolah-olah tabu bicara seks kepada anaknya, padahal sangat penting untuk edukasi, tidak usah tabu dan malu,” terangnya.

Sementara itu, menanggapi video-video edukasi karya Duta KPA, Bupati menerangkan bahwa yang terpenting adalah bagaimana pesan dan esensi dari video tersebut sampai kepada seluruh lapisan masyarakat.

“Pencegahan terbaik adalah dengan meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita kepada Tuhan agar tidak terjerumus kepada hal-hal yang tidak baik,” ucapnya.

Mengenai hal tersebut, Herdiat menginformasikan bahwa Pemerintah Kabupaten Ciamis sendiri selalu berupaya melakukan langkah-langkah penanggulangan HIV/AIDS dengan cara kolaborasi pentahelix yakni dengan melibatkan semua pihak.

“Kepada anak-anakku semua, terus semangat dan jangan menyerah oleh keadaan, bantu generasi kita supaya Ciamis ini betul-betul bersih dan zero, kolaborasi pentahelix itu yang harus terus kita jaga dan tingkatkan bersama,” paparnya.

“Jika sudah ada yang terkena, maka jangan dikucilkan akan tetapi mari berikan support untuk semangat hidup dan memperbaiki perilakunya,” tandasnya. (Herdi/PasundanNews.com)

Ilham Hidayat

Leave a Comment

Recent Posts

Laka Bus Pariwisata Tewaskan 11 Orang di Ciater Subang, Dishub Ciamis Imbau Kelayakan Bus sebelum Dikendarai

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM - Kecelakaan Bus Pariwisata yang membawa rombongan study tour renggut 11 nyawa…

27 detik ago

Pj Bupati Cirebon Resmi Dilantik, Bey Machmudin Minta Layani Masyarakat dengan Penuh Dedikasi dan Tanpa Pamrih

BERITA JABAR, PASUNDANNEWS.COM - Pj (Penjabat) Bupati Cirebon resmi dilantik oleh Pj Gubernur Jawa Barat…

48 menit ago

Kader PKK Jabar Ikut Partisipasi Jamnas dan Parade Kriya Budaya, Amanda Soemedi Apresiasi Upaya Keluarga Sejahtera

BERITA JABAR, PASUNDANNEWS.COM - Kader PKK (Pembinaan Kesejahteraan Keluarga) Jawa Barat ikut partisipasi Jambore Nasional…

2 jam ago

11 Desa Wisata Baru di Ciamis, Dapatkan Pengalaman Menarik yang Membuatmu Ketagihan

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM - Kabupaten Ciamis telah melangkah maju dalam upaya meningkatkan industri pariwisata lokal…

4 jam ago

Pj Gubernur Jabar Pastikan PPDB Berjalan Usai Pergantian Kadisdik

BERITA JABAR, PASUNDANNEWS.COM - Pj (Penjabat) Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin memastikan proses Penerimaan Peserta…

5 jam ago

Jaksa Tuntut 10 Tahun Penjara untuk Dua Penjual Miras Oplosan di Banjar

BERITA BANJAR, PASUNDANNEWS.COM – Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri Kota Banjar menuntut dua terdakwa…

19 jam ago