Ciamis

Dinas PUPRP Ciamis Lakukan Berbagai Upaya Guna Optimalisasi Jaringan Irigasi

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Dinas PUPRP Kabupaten Ciamis melalui Bidang PSDA (Pengelolaan Sumber Daya Air) tengah melaksanakan rehabilitasi irigasi.

Kepala Bidang PSDA-Dinas PUPRP Ciamis, Arie Syahriar Maulana mengatakan program ini bertujuan untuk perbaikan irigasi dan saluran irigasi.

“Semuanya itu dimaksudkan dalam rangka peningkatan dan pemberian pelayanan kepada masyarakat pada pemenuhan jaringan irigasi,” ujar Arie, Kamis (8/6/2023).

Ia pun mengharapkan agar masyarakat dapat menikmati dan ikut memelihara serta menjaga apa yang sudah dibangun oleh Pemkab Ciamis.

“Hal ini sebagai bentuk pelayanan pemerintah dan kolaborasi bersama masyarakat dalam partisipasinya memelihara hasil pembangunan,” ucapnya.

Ari mengungkapkan, saat ini pihaknya tengah melakukan kegiatan rehabilitasi jaringan irigasi pada setiap titik se-wilayah Kabupaten Ciamis.

Diantaranya yaitu jaringan irigasi D.I. Anjung (Kecamatan Kawali), jaringan irigasi D.I. Leuwibiuk (Kecamatan Ciamis).

Lalu, rehabilitasi jaringan irigasi D.I. Cikalagen (Kecamatan Cijeungjing), jaringan irigasi D.I. Ciloganti (Kecamatan Cikoneng).

“Selanjutnya rehabilitasi jaringan irigasi D.I. Ciaren (Kecamatan Ciamis), jaringan irigasi D.I. Cicarenang (Kecamatan Baregbeg),” jelasnya.

Ari menambahkan, hal tersebut sebagai upaya antisipasi banjir dan adanya genangan air pada musim kemarau basah yang saat ini terjadi.

DPUPRP Ciamis juga melakukan normalisasi dan pemeliharaan pada setiap saluran air, sehingga saat musim penghujan datang air dapat mengalir dengan lancar

Selain itu juga adanya koordinasi dengan instansi dan stakeholder terkait, sehingga nantinya ada upaya atau langkah preventif bersama.

“Saat ini masa cuacanya ekstrem dan tidak menentu, kegiatan inipun untuk antisipasi kemarau panjang,” ungkapnya.

Ari menambahkan, pihaknya juga merespon setiap laporan yang masyarakat sampaikan baik secara langsung maupun tidak langsung.

“Ketika ada laporan dari masyarakat kita akan langsung koordinasikan dan melakukan penanganannya sesegera mungkin,” tuturnya.

Ari pun mengajak kepada semua pihak untuk dapat berpartisipasi dalam pemeliharaan dan menjaga infrastruktur yang telah pemerintah dan masyarakat bangun.

“Berharap masyarakat bisa ikut berpartisipasi untuk merawat infrastruktur yang ada, agar kita bisa merasakan manfaat dan kenyamanannya,” pungkasnya. (Hendri/PasundanNews.com)

Hendriawan Firmansyah

Leave a Comment

Recent Posts

Jelang Pilkada 2024, KPU Kota Banjar Gelar Rakor Sosialisasi Pencalonan Perseorangan

BERITA BANJAR, PASUNDANNEWS.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjar, menggelar rapat koordinasi terkait sosialisasi…

1 menit ago

Usung Semangat ‘Pemuda Ciamis Jawara Ngajomantara’, KT Ciamis Gelar Raker untuk Periode 2023-2028

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM - Karang Taruna Kabupaten Ciamis menggelar Rapat Kerja (Raker) untuk periode 2023-2028,…

1 jam ago

Polisi Segera Periksa Kejiwaan Pelaku yang Mutilasi Istri di Rancah Ciamis

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM - Polres Ciamis segera melakukan tes kejiwaan terhadap pelaku pembunuhan di Desa…

7 jam ago

Anak dan Ayah Masuk ke dalam Sumur di Banjaranyar Ciamis, Beruntung Tak Ada Korban Jiwa

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM - Seorang anak bersama ayahnya di Dusun Tanjung, RT 14/RW 03, Desa…

17 jam ago

Ujang Endin Indrawan Serahkan Berkas Pendaftaran Bakal Calon Bupati ke DPC PKB Pangandaran

BERITA PANGANDARAN, PASUNDANNEWS.COM- Ujang Endin Indrawan menyerahkan berkas pendaftaran bakal calon Bupati Pangandaran ke Partai…

17 jam ago

Tiadakan Dua Foto Cabup Potensial Purwakarta di Survei, Diduga Skenario Untungkan Petahana

PASUNDAN NEWS - Masyarakat Kabupaten Purwakarta tengah kebingungan sebab dua tokoh kuat yang digadang-gadang akan…

19 jam ago