Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Kota Banjar, H. Dedi Suardi. Foto/Hermanto.PasundanNews.com

BERITA BANJAR, PASUNDANNEWS.COM – Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Banjar, Dedi Suardi sedang mengupayakan penambahan nama :Pariwisata’ di Dinas yang dipimpinnya.

Dedi mengungkapkan, meski Bidang Pariwisata berada di bawah naungan Dispora, namun tidak tercantum secara resmi dalam nama atau nomenklatur dinas tersebut.

“Saya sudah beberapa kali mengusulkan perubahan ini ke provinsi bahkan pusat, namun sayangnya hingga saat ini belum ada realisasi,” ujar Dedi saat ditemui di kantornya, Selasa (03/09/2024).

Menurutnya, keberadaan sektor pariwisata di Kota Banjar cukup signifikan dan seharusnya tercermin dalam nama resmi dinas yang mengelolanya.

Dedi juga mengusulkan opsi lain jika usahanya tetap tidak membuahkan hasil.

“Kalau memang tidak bisa, nama pariwisata digabung saja dengan kebudayaan, sehingga menjadi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan. Di tingkat provinsi, nama dinas seperti itu ada,” katanya.

Lebih lanjut Dedi mengungkapkan, kondisi ini membuat Ia berada dalam situasi yang membingungkan.

Ia merasa bertanggung jawab untuk memperjuangkan pencantuman nama pariwisata demi pengakuan formal dan penguatan bidang tersebut.

Namun di sisi lain, ia mengaku dihadapkan dengan kendala birokrasi yang tidak mudah diatasi.

Kendati demikian, pihkanya tetap berkomitmen untuk terus memperjuangkan perubahan nama tersebut.

Ia berharap, dengan adanya perubahan nama menjadi Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata, akan ada dorongan lebih kuat dalam pengelolaan sektor pariwisata.

“Ini bukan hanya soal nama, tapi juga soal identitas dan arah kerja dinas kami,” tegasnya.

Dedi mengakui bahwa meski ada kendala, ia tidak akan menyerah dan akan terus berupaya agar perubahan ini bisa terealisasi.

“Selama ini dikenal dengan Dispora, namun dengan penambahan nama pariwisata, kami berharap bisa lebih fokus dan terarah dalam mengembangkan potensi pariwisata Kota Banjar,” ungkapnya.

Masyarakat Kota Banjar, terutama pelaku pariwisata, tentu berharap agar usulan tersebut dapat segera terealisasi.

“Sehingga sektor pariwisata Kota Banjar dapat semakin berkembang dan memberikan kontribusi nyata bagi perekonomian daerah.

(Hermanto/PasundanNews.com)