Bawaslu Kabupaten Pangandaran menggelar Rapat Kerja (raker) Teknis Pengawasan Pemilu Serentak tahun 2024. Foto/Deni Rudini.PasundanNews.com

BERITA PANGANDARAN, PASUNDANNEWS.COM – Bawaslu Kabupaten Pangandaran menggelar Rapat Kerja (raker) Teknis Pengawasan Pemilu Serentak tahun 2024.

Kegiatan tersebut sebagai fasilitasi untuk PKD (Panwaslu Kelurahan Desa) se Pangandaran, pada Rabu (24/7/2024) di salah satu hotel di Pangandaran.

Turut hadir Anggota Bawaslu RI, Panwascam dan para Ketua PKD se Kabupaten Pangandaran.

Menurut anggota Bawaslu RI, Lolly Suhenty mengatakan, kegiatan ini untuk memastikan kemampuan PKD dalam melakukan kerja pengawasan agar berjalan dengan baik.

“Salah satunya, dengan cara meningkatkan pemahaman kapasitas, sehingga saat turun ke lapangan tidak terjadi gagap atau terjadi kebingungan,” katanya.

Ia melanjutkan, hal tersebut sangat dibutuhkan untuk mengukur kemampuan SDM Badan Pengawasan Pemilu hingga ke tingkat desa.

“Untuk memberikan motivasi dan semangat, akan banyak sekali kerja dilakukan dalam tengah waktu yang padat,” ujarnya.

Lolly mengatakan, pengawasan Pilkada saat ini sedang ada pada pemutakhiran data pemilih.

“Hari ini terakhir Coklit, kalau dari Pangandaran sendiri saat saya cek tadi memang ada beberapa temuan yang kemudian sudah disampaikan ke publik,” jelasnya.

Ia meneruskan, dalam konteks ini tentu Bawaslu berkewajiban untuk melakukan pengawasan di seluruh tahapan Pemilihan Kepala Daerah.

“Dalam prosesnya, ketika ada hal – hal yang tidak sesuai. Maka, Bawaslu langsung melakukan saran perbaikan, kalau saran perbaikannya ditindaklanjuti maka baik. Sementara jika saran perbaikan tidak ditindaklanjuti tentu masuk ke ranah penindakan,” pungkasnya.

(Deni Rudini/PasundanNews.com)