Polres Pangandaran melakukan rekrutmen seleksi untuk petugas Pengawal Pribadi (Walpri) dan Pengawalan Lalu Lintas untuk Paslon Bupati dan Wakil Bupati di Pilkada 2024. Foto/Deni Rudini.PasundanNews.com

BERITA PANGANDARAN, PASUNDANNEWS.COM – Polres Pangandaran melakukan rekrutmen seleksi untuk petugas Pengawal Pribadi (Walpri) dan Pengawalan Lalu Lintas.

Seleksi Walpri tersebut disiapkan untuk para Paslon Bupati dan Wakil Bupati di Pilkada 2024.

Kabag Ops Polres Pangandaran, Kompol Dodi Arahmasyah mengatakan, tujuan seleksi ini sebagai persiapan pengawalan selama proses Pilkada.

“Kami sedang melakukan seleksi anggota Walpri dan Pengawalan Lalu Lintas untuk para paslon Bupati dan Wakil Bupati selama proses Pilkada,” kata Dodi, Rabu (7/8/2024).

Didi menuturkan, sesuai perintah Kapolres, seleksi ini berlangsung selama 5 hari.

Adapun materi seleksi diantaranya seperti mengemudi dan mengendarai sepeda motor.

Ia menegaskan, mereka yang terpilih nanti harus memiliki kemampuan mengemudi dan juga berkendara roda dua.

“Sehingga mereka betul-betul dapat memberikan pelayanan keamanan bagi VIP maupun paslon yang akan didampingi,” tegasnya.

Puluhan personel yang ikut seleksi tersebut nantinya akan ditentukan kelulusannya oleh para penguji dan Perwira di Polres Pangandaran.

Dosi mengungkapkan, pihaknya membutuhkan sebanyak 32 personel yang terdiri dari 12 Walpri dan 12 Pengawal Lalu Lintas serta 6 cadangan.

“Ditambah 2 Perwira pengendali yang bertugas untuk memonitor kinerja Walpri dan Pengawalan Lalu Lintas selama mendampingi paslon,” katanya.

Dodi menjelaskan, terdapat beberapa syarat untuk bisa jadi walpri, antara lain yaitu, akademik, kesehatan, pengetahuan tentang kerawanan lalu lintas.

Kemudian Public Relation, Kemampuan mengemudi dan Kemampuan menembak.

“Bagi anggota yang terpilih juga memiliki kemampuan manajemen psikologi, mampu memanage psikologinya dalam rangka mendampingi pimpinan,” jelasnya.

Ia menambahkan, untuk satu orang calon Bupati atau Wakil Bupati terdiri dari 2 Walpri dan 2 Pengawal Lalu Lintas.

“Jadi masing-masing paslon itu ada 4 personel, 2 Walpri berpakaian preman dan 2 Pengawal Lalu Lintas,” pungkasnya.

(Deni Rudini/PasundanNews.com)