Ciamis

SMK Negeri 1 Ciamis Sosialisasikan Sekolah Bersih Narkoba

PASUNDANNEWS.COM, CIAMIS – SMK Negeri 1 Ciamis menggelar Sosialisasi Bebas Asap Rokok dan Sekolah Bersih Narkoba, bertempat di Gedung SMKN 1 Ciamis Jl. Jenderal Sudirman No. 269 Ciamis, Jum’at (27/9/2019).

Peserta yang mengikuti sosialisasi ini sebanyak 1.718 orang terdiri dari siswa-siswi SMKN 1 Ciamis dan dihadiri oleh beberapa guru.

Wakil Kepala Sekolah bidang kesiswaan Drs. Dadang Nurdin, menyampaikan, kegiatan ini merupakan komitmen kami untuk ikut berperan serta dalam upaya Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN).

“Beberapa waktu yang lalu SMKN 1 Ciamis telah menandatangani Perjanjian Kerjasama dengan BNNK Ciamis terkait pelaksanaan program P4GN, maka kaitan dengan itu pihak sekolah berkeinginan untuk melaksanakan kegiatan sosialisasi ini, mewujudkan Sekolah Bersih Narkoba. Selain itu juga kedepannya kami akan melaksanakan kegiatan deklarasi sekolah bersih narkoba dan asap rokok, bekerjasama dengan BNNK Ciamis”, jelas Dadang.

Dadang juga menambahkan, bahwa materi tentang bahaya penyalahgunaan narkoba di sekolahnya sudah mulai diintegrasikan dengan pelajaran dan kegiatan pembelajaran lainnya, salah satunya dengan kegiatan konseling.

“tatap muka di tiap kelas pun kita sisipkan materi tentang bahaya narkoba dan ini berlaku disemua tingkatan kelas, sehingga seluruh siswa mengetahui dan memahami tentang masalah narkoba serta akan mampu untuk menolak penyalahgunaan narkoba”, harap Dadang.

Kasi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNNK Ciamis Deny Setiawan, S.Sos., M.M., mengapresiasi pihak sekolah yang telah ikut berperanserta dalam upaya P4GN dan untuk mewujudkan Sekolah bersih narkoba.

“Kami mengapresiasi juga mengucapkan terimakasih kepada pihak sekolah yang sudah ikut peranserta dalam program P4GN.” ucap Deni

Penyampaian informasi tentang bahaya narkoba menurut Deny, tidak hanya melalui sosialisasi saja namun bisa dengan beberapa cara seperti melalui pemasangan spanduk, banner, leaflet yang isinya berupa ajakan, himbauan dan informasi tentang bahaya narkoba bahkan yang paling efektif bisa diintegrasikan dengan pelajaran yang ada di sekolah.

“Hal seperti itu telah dilaksanakan oleh SMKN 1 Ciamis, mudah-mudahan dapat menjadi contoh bagi sekolah lain khususnya di kabupaten Ciamis,” katanya

Deny menyampaikan juga tentang apa itu narkotika, jenis narkotika serta bagaimana dampak negatifnya terhadap kesehatan apabila disalahgunakan serta sanksi hukum terhadap tindak pidana narkotika.

“Diharapkan peserta juga menjadi perpanjangan tangan BNN Kabupaten Ciamis dalam mengkampanyekan bahaya penyalahgunaan narkoba, demi terciptanya lingkungan sekolah yang bersih dari narkoba dan siap menjadi Kader Anti Narkoba.” harapnya

Redaksi

Leave a Comment

Recent Posts

Dinkes Kabupaten Ciamis Angkat Bicara Perihal Polemik RS Permata Bunda

  BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM - Dinas Kesehatan (Dinkes) Ciamis melalui Sekretaris Dinas, Anton Wahyu angkat…

58 menit ago

Penyuluhan Jasa Keuangan di Ciamis, Kang Ijudin Dorong Pemberdayaan UMKM

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM - Sosialisasi UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) bersama warga di Kabupaten…

10 jam ago

BPL HMI se-Jawa Barat Adakan Halal Bihalal dan Simposium Perkaderan

BERITA JAWA BARAT, PASUNDANNEWS.COM – Badan Pengelola Latihan (BPL) Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Koordinator Wilayah…

12 jam ago

Pj Bupati Ciamis Dorong Pengembangan Pariwisata, Situwangi dan Situ Lengkong Panjalu Cukup Potensial

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM - Pj Bupati Ciamis, Engkus Sutisna sampaikan pentingnya untuk terus mendorong sektor…

12 jam ago

Dampak Gempa Garut di Winduraja Kawali, Pj Bupati Ciamis datang untuk Meninjau Langsung

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM - Gempa di Kabupaten Garut bermagnitudo 6.5 pada Sabtu 27 April 2024…

13 jam ago

Laga Perdana Liga 3 Nasional, PSGC Ciamis Unggul Atas Persitara 3-1

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM - Liga 3 Nasional menghadirkan laga perdana antara PSGC Ciamis melawan Persitara…

13 jam ago