Ciamis

Sah Jadi Perda, Perubahan APBD Kabupaten Ciamis Prioritaskan Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Ciamis Tahun 2020 resmi disahkan menjadi Peraturan Daerah (Perda).

Peresmian Raperda tersebut dilakukan melalui Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Ciamis yang dihadiri oleh unsur Forkopimda, 36 Anggota DPRD dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait yang diselenggarakan di Aula Tumenggung Wiradikusumah Sekretariat DPRD Kabupaten Ciamis, Senin (29/9/2020).

Agenda kegiatan pada rapat paripurna tersebut yaitu penyampaian laporan hasil pembahasan badan anggaran DPRD terhadap raperda perubahan APBD Kabupaten Ciamis Tahun 2020.

Bupati Ciamis, H. Herdiat Sunarya dalam sambutannya mengatakan, proses perubahan APBD Kabupaten Ciamis tahun anggaran 2020 ditempuh mengingat adanya pergeseran tuntutan kebutuhan dalam upaya pencapaian target kinerja.

Selain itu, perubahan APBD dilakukan sebagai pemenuhan kebutuhan penanganan penanggulangan dan pencegahan penyebaran Covid-19, serta pelaksanaan program pemulihan ekonomi nasional

“Kami meyakini dengan keputusan disepakatinya raperda perubahan APBD tahun 2020 menjadi perda didasari dengan pemikiran yang matang demi kebaikan semua pihak di masa yang akan datang,” ujar Herdiat.

“Sikap hati-hati yang ditempuh serta argumentasi selama pembahasan sampai dengan pengambilan keputusan untuk menetapkan perubahan APBD ini merupakan langkah strategis yang perlu dibangun dalam upaya mewujudkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Ciamis,” jelas Herdiat.

Menurutnya, pembahasan Raperda merupakan salah satu bentuk tanggung jawab konstitusional dan akuntabilitas publik yang harus tetap diutamakan.

“Kita selalu berupaya mengoptimalkan kinerja dan mewujudkan good governance dengan tetap mengikuti segala prosedur dan langkah dalam menetapkan sebuah peraturan untuk kemajuan daerah bersama,” terang Herdiat.

Herdiat menjelaskan, dengan keterbatasan dalam perubahan APBD Tahun Anggaran 2020 akan diprioritaskan untuk penanganan dan pencegahan penyebaran Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional melalui jaring pengaman sosial untuk mengantisipasi dampak ekonomi dan sosial akibat Covid 19.

Selanjutnya, kebijakan pengeluaran belanja agar senantiasa berupaya menerapkan prinsip formal melalui pengaturan pola pembelanjaan yang proporsional yaitu ekonomi efisien efektif dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Dalam melaksanakan pembangunan kita harus melakukannya bersama-sama. Kolaborasi antara unsur pemerintahan, akademisi, swasta, masyarakat dan media menjadi langkah strategis dalam mensukseskan pembangunan,” tegasnya.

“Kita harus bersinergi dalam melaksanakan pembangunan agar Kabupaten Ciamis lebih baik kedepannya ,” pungkasnya. (Hendry/Pasundannews.com)

Redaksi

Leave a Comment

Recent Posts

Usung Semangat ‘Pemuda Ciamis Jawara Ngajomantara’, KT Ciamis Gelar Raker untuk Periode 2023-2028

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM - Karang Taruna Kabupaten Ciamis menggelar Rapat Kerja (Raker) untuk periode 2023-2028,…

1 jam ago

Polisi Segera Periksa Kejiwaan Pelaku yang Mutilasi Istri di Rancah Ciamis

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM - Polres Ciamis segera melakukan tes kejiwaan terhadap pelaku pembunuhan di Desa…

7 jam ago

Anak dan Ayah Masuk ke dalam Sumur di Banjaranyar Ciamis, Beruntung Tak Ada Korban Jiwa

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM - Seorang anak bersama ayahnya di Dusun Tanjung, RT 14/RW 03, Desa…

17 jam ago

Ujang Endin Indrawan Serahkan Berkas Pendaftaran Bakal Calon Bupati ke DPC PKB Pangandaran

BERITA PANGANDARAN, PASUNDANNEWS.COM- Ujang Endin Indrawan menyerahkan berkas pendaftaran bakal calon Bupati Pangandaran ke Partai…

17 jam ago

Tiadakan Dua Foto Cabup Potensial Purwakarta di Survei, Diduga Skenario Untungkan Petahana

PASUNDAN NEWS - Masyarakat Kabupaten Purwakarta tengah kebingungan sebab dua tokoh kuat yang digadang-gadang akan…

19 jam ago

Pelaku Pembunuhan di Rancah Ciamis Bawa Daging Hasil Mutilasi dalam Baskom, Ditawarkan ke Warga Setempat

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM - Pelaku pembunuhan di Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis merupakan seorang pria yang…

19 jam ago