Opini

Ramadhan dan Inflasi Musiman

PASUNDANNEWS – Ramadhan merupakan bulan yang paling di tunggu-tunggu oleh umat muslim dunia. Karena pada bulan ini segala amal perbuatan baik di lipatgandakan pahalanya. Namun ada satu hal yang tidak bisa lepas saat bulan Ramadhan tiba, yakni kenaikan Inflasi.

Sebenarnya apa sih inflasi itu?. Inflasi dapat di definisikan sebagai suatu kondisi di mana harga barang naik secara terus-menerus yang di sebabkan oleh berbagai faktor.

Kenaikan harga barang tersebut dapat mengakibatkan turunnya nilai mata uang. Proses ini berlangsung secara terus-menerus dan dapat mempengaruhi harga barang lainnya.

Dua Jenis Inflasi

Dalam ilmu ekonomi kita mengenal ada dua jenis inflasi. Pertama, cost push inflation, yaitu inflasi yang terjadi karena kenaikan biaya produksi.

Kedua, demand pull inflation, yaitu inflasi yang terjadi karena peningkatan permintaan dalam kurun waktu tertentu tanpa di setai peningkatan penawaran yang memadai.

Inflasi yang terjadi di bulan Ramadhan termasuk jenis demand pull inflation. Karena seperti yang kita ketahui, permintaan akan barang dan jasa sejak menjelang Ramadhan sampai hari raya idul fitri mengalami peningkatan.

Menurut data BPS, peningkatan permintaan di dominasi oleh barang kebutuhan pokok, seperti beras, daging dan aneka bumbu. Pemberian tunjangan hari raya (THR) bagi para pekerja juga menjadi salah satu faktor meningkatnya daya beli masyarakat.

Pada bulan April 2021 atau saat ramadhan, tercatat inflasi sebesar 0,08% (mtm) dan 2,67% (yoy). Menurut BPS inflasi ini merupakan yang terendah sejak 42 tahun atau sejak 1978.

Kondisi ini di akibatkan karena Ramadhan tahun ini masih dalam kondisi pandemi COVID-19 yang mengakibatkan permintaan maupun penawaran barang mengalami penurunan.

Memang sudah menjadi tren, ketika Ramadhan tiba inflasi meningkat. Selain itu, Inflasi hampir tidak bisa di hilangkan pada bulan ramadhan. Namun bukan berarti tidak bisa di kendalikan.

Perlunya intervensi dari pemerintah dalam menjaga rantai distribusi dapat menekan laju inflasi. Apabila inflasi berhasil di kendalikan maka dapat meringankan beban masyarakat khususnya bagi masyarakat golongan berpendapatan tetap dan berpendapatan rendah.

Penulis: Zahid Filah
(Mahasiswa UIN Bandung)
Redaksi

Leave a Comment

Recent Posts

Laga Kedua Liga 3 Nasional, PSGC Ciamis Menang Telak Atas Persim Maros 2-0

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM - Liga 3 Nasional dalam laga lanjutan grup G pertemukan PSGC Ciamis…

2 jam ago

Distan dan Kodim 0625/Pangandaran Kerjasama Pasang Pompa Air untuk Pertanian Tadah Hujan

BERITA PANGANDARAN, PASUNDANNEWS.COM - Dinas Pertanian (Distan) dan Kodim 0625/Pangandaran bekerjasama untuk memasang pompa air…

3 jam ago

Timnas U-23 Tembus Semifinal Piala Asia, Pj Gubernur Jabar Sebut Olimpiade Paris 2024 Masih Terbuka Lebar

BERITA JABAR, PASUNDANNEWS.COM - Timnas (Tim Nasional) U-23 masuk semifinal Piala Asia 2024. Dalam hal…

9 jam ago

Dinsos Jabar Tangani Pasien tanpa Pendampingan Keluarga, Kini Bisa Dipulangkan dari RSHS

BERITA JABAR, PASUNDANNEWS.COM - Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat menangani pasien yang sudah dirawat satu…

9 jam ago

Pisah Sambut Pj Bupati Sumedang, Herman Suryatman Harapkan Bisa Sinergi dengan Pemdaprov Jabar

BERITA JABAR, PASUNDANNEWS.COM - Pisah sambut dan serah terima jabatan Penjabat (Pj) Bupati Sumedang berlangsung…

10 jam ago

Pergerakan di Cianjur, Pj Gubernur Jabar Minta PVMBG Segera Asesmen Lokasi Bencana

BERITA JABAR, PASUNDANNEWS.COM - Tanah bergerak terjadi di Kampung Sukajadi, Desa Jatisari, Kecamatan Bojongpicung, Kabupaten…

10 jam ago