Ciamis

Peringati HLH 2022, DPRKPLH Ciamis Gelar Aksi Bersih Hutan dari Sampah Anorganik

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – DInas PRKLH Ciamis menggelar aksi bersih hutan dari sampah anorganik di Hutan Penelitian Cigerendeng, Kecamatan Cisaga, Kabupaten Ciamis, Senin (6/6/2022).

Kegiatan tersebut dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup (HLH) Sedunia tahun 2022.

Kegiatan dengan tema ‘Hanya Satu Bumi untuk Masa Depan’ ini dilaksanakan secara kolaborasi bersama Perhutani dan Balai Penerapan Standar Instrumen Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BPSILHK) Ciamis.

“Aksi bersih hutan dari sampah anorganik ini sebagai upaya untuk melestarikan alam dan lingkungan, salah satunya di Hutan Cigerendeng ini,” katanya.

Kepala DPRKPLH Ciamis, H. Taufik Gumelar mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan sebagai upaya untuk melestarikan alam dan lingkungan.

“Aksi bersih hutan dari sampah anorganik ini sebagai upaya untuk melestarikan alam dan lingkungan, salah satunya di hutan Cigerendeng ini,” katanya.

Dalam aksi ini, tidak hanya dari petugas kebersihan, namun masyarakat setempat juga ikut serta melakukan bersih-bersih secara bersama memungut sampah.

“Sebanyak kurang lebih satu truk sampah berhasil kita kumpulkan, dan nanti akan di buang di tempat pembuangan akhir (TPA) sampah,” terangnya.

Taufik menyebutkan, dalam memperingati HLH tahun ini selain melakukan aksi bersih hutan, DPRKPLH Ciamis juga melakukan berbagai kegiatan.

Diantaranya, aksi penghijauan penanaman pohon di kampung iklim (Proklim) di beberapa Desa di Kecamatan Panjalu dan Cipaku.

Kemudian, pembentukan sekolah adiwiyata di 29 sekolah baik SMA, SMP, SD dan RA. Pembinaan kepada para pelaku usaha yang berpotensi terhadap pencemaran lingkungan di 10 lokasi.

“Pembinaan kepada para pelaku usaha yang berpotensi terhadap pencemaran lingkungan juga penting kita lakukan,” jelasnya.

Selanjutnya, DPRKPLH Ciamis telah melakukan kegiatan pemasangan bio pori di lokasi Proklim (Program Kampung Iklim), yakni di Dusun Cinyenang, Desa Sidamulya, Cisaga.

“Kami juga telah melakukan pembinaan dan pembentukan bank sampah dan maggot di 45 lokasi di Kabupaten Ciamis,” terangnya.

Taufik pun mengajak kepada masyarakat untuk bersama menjaga dan mencintai lingkungan, agar bumi ini untuk masa depan.

“Mari sama-sama kita menjaga alam dan lingkungan untuk masa depan bumi kita nantinya. Kita Jaga Alam, Alam Jaga Kita” pungkasnya. (Hendry/PasundanNews.com)

Hendriawan Firmansyah

Leave a Comment

Recent Posts

Pipa Air Baku Perumdam Ciamis Terputus, Belasan Ribu Konsumen Harus Sabar Menanti Pasokan Air

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM - Hujan dengan  intensitas tinggi sebabkan derasnya air Sungai Citanduy. Hal itu…

9 menit ago

Kang Danial kembalikan Formulir Pendaftaran Bacalon Walikota Banjar 2024-2029 ke Markas PAN, Usung Misi Nawacara Kahuripan

BERITA BANJAR, PASUNDANNEWS.COM - Kang Danial atau Dani Danial Mukhlis sambangi markas PAN (Partai Amanat…

7 jam ago

Pj Gubernur Jabar Tinjau Kesiapan Asrama Haji Indramayu dan Bandara Kertajati Majalengka

BERITA JABAR, PASUNDANNEWS.COM - Pj (Penjabat) Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin meninjau langsung kesiapan keberangkatan…

8 jam ago

Pengukuhan Kepala Perwakilan BI Jabar, Bey Machmudin Harapkan Sinergi bersama Pemdaprov

BERITA JABAR, PASUNDANNEWS.COM - Pengukuhan Kepala Perwakilan BI (Bank Indonesia) Jawa Barat digelar pada Jumat…

8 jam ago

Pleno Majelis Wali Amanat ITB, Budi Gunadi Sadikin Terpilih sebagai Ketua

BERITA JABAR, PASUNDANNEWS.COM - Rapat pleno perdana Majelis Wali Amanat (MWA) Institut Teknologi Bandung (ITB)…

8 jam ago

Prabowo Temui Muhaimin Iskandar, Ini Tanggapan Ketua DPC PKB Pangandaran

BERITA PANGANDARAN, PASUNDANNEWS.COM - Prabowo Subianto sebagai presiden terpilih Republik Indonesia 2024-2029 temui Ketua PKB…

8 jam ago