Jawa Barat

Jelang Idul Adha 2021, Stok Hewan Kurban di Jabar Aman

Bandung, Pasundannews – Menjelang Idul Adha 2021, stok hewan kurban di Provinsi Jawa Barat akan tercukupi. Pasalnya, hewan kurban di Jabar masih masih tercukupi.

Hal itu di sampaikan Kepala Bidang Kesehatan Hewan serta Kesehatan masyarakat Veteriner Dinas Ketahanan Pangan serta Peternakan (DKPP) Provinsi Jabar drh Supriyanto, Selasa (22/6/2021).

Tahun ini, menurut Supriyanto, pihaknya memprediksi  akan terjadi kenaikan permintaan terhadap hewan kurban sebesar 2,7 persen di bandingkan tahun lalu. Ataupun 301.938 hewan kurban dari berbagai jenis.

“Tahun 2020 itu kita terdapat 294 ribu ekor dari bermacam hewan kurban. Tetapi ada 5,3 persen yang tidak layak di tahun tersebut. Tahun ini kita belum bisa menyebut jumlah pastinya berapa. Tetapi, Insyaallah stok kambing domba kerbau aman,” katanya.

Sedangkan untuk jenis sapi belum bisa di katakan seluruhnya nyaman. Untuk itu, pihaknya meminta pengiriman kebutuhan sapi dari wilayah Jawa Tengah serta Jawa Timur.

“Sapi jadi permasalahan sebab populasi sedikit. Bertepatan pada 20 Juni kemarin sudah di kirim sebanyak 11.500-an hewan sapi dari jateng serta jatim,” ucapnya.

Pengiriman hewan tersebut di yakini Supriyanto, tidak mempunyai hambatan semacam permasalahan kesehatan ataupun terkena penyakit. Karena, para hewan tersebut bakal d itilik serta di cek oleh tim kesehatan di DKPP.

“Kita yakini hewan-hewan yang di kirim dari luar provinsi Jabar itu dalam kondisi sehat. Sebab kita terdapat memiliki dokter hewan di pintu-pintu masuk itu buat mengecek kesehatan hewan tersebut,” katanya.

“Kita tidak ingin ibadah kurban yang sejatinya buat maslahat orang banyak, malah jadi mudharat sebab terdapatnya penyakit. Sehingga butuh disiapkan betul- betul,” sambungnya.

*Angga*

Feri Johansah

Leave a Comment

Recent Posts

Pelaku Mutilasi Istri di Ciamis Jalani Pemeriksaan di RSJ Cisarua Bandung

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM - Pelaku mutilasi istri di Ciamis, Tarsum (41) kini telah berada di…

9 jam ago

Pj Bupati Ciamis Sampaikan Pesan Ini di Mubes ke-III KBM Galuh Ratapraja

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM - KBM (Keluarga Besar Mahasiswa) Galuh Ratapraja menggelar Mubes (Musyawarah Besar) ke-III…

9 jam ago

Tarsum Miliki Akun TikTok, Sebelumnya Kasus Mutilasi di Ciamis Sempat Viral Keluhkan Bahu untuk Bersandar

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM - Tarsum (41) miliki akun TikTok yang postingannya sempat viral. Mengutip TV…

10 jam ago

Dewan PPM Ciamis Dinilai sebagai Calon Alternatif Jelang Pilkada 2024 Serentak

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM - Dewan PPM (Perkumpulan Pemuda dan Mahasiswa) Ciamis Fahmi Fajar Mustopa dinilai…

11 jam ago

IPNI Pangandaran Sampaikan Pentingnya Menjaga Seni Budaya Islam

BERITA PANGANDARAN, PASUNDANNEWS.COM - IPNI (Ikatan Pemuda Seni) yang dibentuk Pondok Pesantren Asy-Syifa Padaherang, Kabupaten…

13 jam ago

PSGC Ciamis Hadapi Persikasi Hari Ini Sabtu 11 Mei 2024, Berikut Link Streaming dan Jadwal Pertandingan

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM - PSGC Ciamis akan menghadapi Persikasi Bekasi dalam lanjutan babak 32 besar…

13 jam ago