Banjar

Desa Raharja Raih Penghargaan Percontohan Desa Anti Korupsi dari Provinsi Jawa Barat

BERITA BANJAR, PASUNDANNEWS.COM – Desa Raharja, kecamatan Purwaharja, Kota Banjar, Jawa Barat, diakui sebagai percontohan desa anti korupsi hingga berhasil meraih penghargaan dari Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin, dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Provinsi Jawa Barat.

Pemberian penghargaan ini mengukuhkan dedikasi Desa Raharja dalam menciptakan lingkungan yang bersih dari praktik korupsi.

Prestasi tersebut bukanlah yang pertama bagi Desa Raharja. Mereka juga berhasil meraih penghargaan Penetapan Penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) Tahun 2024 yang Tepat Waktu dari Pemerintah Kota Banjar.

Acara pemberian penghargaan dilaksanakan saat apel gabungan di halaman Setda Kota Banjar pada Selasa (2/12024) dan diserahkan langsung oleh Pj Walikota Banjar, Ida Wahida Hidayati.

Dalam sambutannya, Pj Walikota memberikan selamat kepada para penerima penghargaan. Ia juga menegaskan pentingnya pemahaman tugas pokok dan fungsi (tupoksi) kerja oleh semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk meningkatkan profesionalisme kerja.

“Selamat kepada para penerima penghargaan. Ke Depan saya akan sidak kinerja dan kehadiran ke setiap OPD, namun waktu pelaksanaannya masih saya rahasiakan. Langkah ini diambil sebagai upaya peningkatan pengawasan terhadap kinerja di setiap OPD,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Desa Raharja, sekaligus Ketua Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kota Banjar, Yayat Ruhiyat, dengan rendah hati ia menyampaikan rasa syukurnya atas penghargaan yang diterima.

“Dengan rendah hati, kami menyampaikan rasa syukur atas penghargaan ini. Ini akan menjadi lecutan dedikasi kami untuk memajukan desa. Kami juga mengucapkan terimakasih kepada masyarakat desa dan berkomitmen untuk terus menciptakan kemajuan yang berkelanjutan,” ungkap Yayat.

Yayat berharap, ke depan seluruh desa di Kota Banjar dapat menetapkan APBDes tepat waktu.

Bukan hanya desa Raharja saja, Penghargaan Penetapan Penyusunan APBDes Tahun 2024 juga diberikan kepada 12 desa lainnya di antaranya Desa Binangun, Cibeureum, Neglasari, Balokang, Mekarharja, Kujangsari, Karyamukti, Sinartanjung, Sukamukti, Jajawar, dan Batulawang. Kesuksesan ini menunjukkan kolaborasi positif antara pemerintahan desa dan kota dalam membangun tata kelola yang baik. (Hermanto/PasundanNews.com)

Hermanto

Leave a Comment

Recent Posts

Pemprov Jabar Perkuat Jaringan Pembiayaan Perubahan Iklim di Forum Internasional

BERITA JABAR, PASUNDANNEWS.COM - Pemprov Jawa Barat memperkuat jaringan pembiayaan perubahan iklim dalam forum internasional.…

11 jam ago

Warga Solo Tumpah Ruah Antusias Ikuti Festival HUT BJB Bersama Andre Taulany & Friends

BERITA NASIONAL, PASUNDANNEWS.COM - Bank BJB rayakan Festival bersama ATF (Andre Taulany & Friends) di…

11 jam ago

SMAN 1 Kawali Study Tour ke Yogyakarta, Dishub Ciamis Uji Kelayakan sebelum Pemberangkatan

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM - SMAN 1 Kawali, Kabupaten Ciamis laksanakan study tour ke Yogyakarta, Provinsi…

14 jam ago

Pastikan Keamanan Study Tour SMA Negeri 1 Banjar, Sembilan Unit Bus Lakukan Ram Check

BERITA BANJAR, PASUNDANNEWS.COM - Dishub (Dinas Perhubungan) Kota Banjar, bersama dengan Satlantas Polres Banjar melakukan…

21 jam ago

Mengaku Berfikir Realistis, Sulyanati Fokus pada Bacalon Wakil Wali Kota di Pilkada Banjar 2024

BERITA BANJAR, PASUNDANNEWS.COM – Aktivis Eksponen Forum Peningkatan Status Kotif Banjar (FPSPKB), Sulyanati, terus menunjukkan…

21 jam ago

Eks Drummer Bagindas Ivan Hervian Banting Stir ke Bisnis Kuliner

BERITA BANJAR, PASUNDANNEWS.COM - Ivan Hervian (43), mantan drummer band Bagindas, kini memilih untuk banting…

1 hari ago