Ciamis

Ciptakan Pelayanan Terbaik Wisatawan, BPPD Ciamis Akan Bentuk HPI

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Ciamis berencana akan membentuk Himpunan Pariwisata Indonesia atau HPI di Kabupaten Ciamis.

Kepala BPPD Ciamis melalui Direktur Pemasaran, Syarif Hidayat menjelaskan, dibentuknya HPI ini sebagai upaya dalam menciptakan pelayanan terbaik bagi wisatawan yang datang ke Ciamis.

“Wisatawan yang datang ke Ciamis baik lokal ataupun manca negara tentunya harus diyanani dengan prima, serta memberikan edukasi pariwisata, terutama tentang sejarah dan pentingnya mematuhi peraturan yang ada pada lokasi wisata” jelas Syarif, Kamis (8/10/2020).

Untuk meningkatkan kualitas dan profesionalisme pramuwisata, Syarif menuturkan, nantinya pihaknya akan memberikan pembinaan dan pemahaman secara langsung terutama tentang sejarah Galuh-Ciamis.

“Selain diberikan informasi pengenalan destinasi wisata yang ada di Ciamis, juga nantinya pramuwisata ini akan diberikan pembinaan dan pemahaman mengenai pariwisata secara menyeluruh, terutama tentang sejarah galuh,” tuturnya.

Dihubungi terpisah, Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Ciamis, Budi Kurnia mengapresiasi dan menyambut baik dengan adanya rencana pembentukan HPI oleh BPPD Ciamis.

“Kehadiran HPI di Kabupaten Ciamis memang sangat dibutuhkan. Karena, salah satu indikator pariwisata harus mempunyai pramuwisata atau guide tour yang mumpuni dan profesional, ini bisa dilahirkan melalui HPI” ungkapnya.

Budi berharap, dengan adanya HPI juga sebagai salah satu bentuk upaya dalam pembangunan sumber daya manusia (SDM) pariwisata di Ciamis.

“Semoga dengan adanya HPI nantinya bisa lebih meningkatkan lagi SDM di bidang pariwisata dalam rangka membangun industri pariwisata, destinasi wisata serta pemasaran dan promosi wisata yang ada di Kabupaten Ciamis” pungkasnya. (Hendry/Pasundannews.com)

Hendriawan Firmansyah

Leave a Comment

Recent Posts

Gempa Garut, Tagana dan BPBD Ciamis Evakuasi Sejumlah Rumah Warga

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM - Gempa yang mengguncang wilayah Kabupaten Garut berkekuatan 6.5 skala richter terjadi…

12 jam ago

Halal Bihalal MUI bersama Pemdes Kalipucang, Warga Ikut Antusias

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM - Halal bihalal MUI (Majelis Ulama Indonesia) bersama Pemerintah Desa Kalipucang, Kecamatan…

15 jam ago

Diguncang Gempa Garut 6,5 Magnitudo, Rumah Warga di Situbatu Kota Banjar Ambruk

BERITA BANJAR, PASUNDANEWS.COM - Rumah semi permanen di Kota Banjar, Jawa Barat, ambruk setelah gempa…

19 jam ago

Momen Silaturahmi dan Kebhinekaan, Kades Cibeureum Gelar Halal Bihalal Idul Fitri 1445 Hijriyah

BERITA BANJAR, PASUNDANEWS.COM - Kepala Desa (Kades) Cibeureum, Kota Banjar, Jawa Barat, Yayan Sukirlan, bersama…

20 jam ago

Bikin Heboh! Pengusaha Asal Bandung Nyawer Biduan dan Penonton Hingga Puluhan Juta di Pangandaran

BERITA PANGANDARAN, PASUNDANNEWS.COM - Fajar Arisyadi, penguasa rumah makan di Pangandaran adakan acara syukuran khitanan…

20 jam ago

Hujan Deras Guyur Wilayah Ciamis Akibatkan Longsor dan Pergeseran Tanah

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM - Hujan deras dengan mengguyur wilayah Kabupaten Ciamis tepatnya di Kecamatan Cihaurbeuti…

1 hari ago