Nasional

Cerita Kawan Satu Angkatan Tentang Agus Harimurti Yudhoyono, Ini Profesi AHY Jika Tak Memilih Karir Politik

PASUNDANNEWS.COMAHY atau Agus Harimurti Yudhoyono selaku Ketua Umum Partai Demokrat melakukan Safari Ramadan di D.I.Y (Daerah Istimewa Yogyakarta) dan Jateng (Jawa Tengah). Minggu (10/4/2022).bl

Di sela-sela perjalanan, Wasekjen (Wakil Sekretaris Jenderal) Partai Demokrat, Agust Jovan Latuconsina menceritakan kisah AHY semasa di SMA Taruna Nusantara dan Akademi Militer.

Jovan, sekaligus kawan satu angkatan AHY di SMA Taruna Nusantara maupun di Akmil, mengatakan saat mereka duduk di kelas tiga SMA, ada tawaran dari perusahaan penerbangan Garuda Indonesia.

“Saat masih SMA, tawaran merekrut siswa-siswi terbaik untuk menjadi pilot pesawat komersial Garuda Indonesia itu, salah satunya ke AHY,” ungkap Jovan.

Nantinya, lanjut Jovan, mereka yang lolos seleksi akan disekolahkan di Selandia Baru. Terkait tanggungan biaya, dijamin penuh, dan diangkat langsung menjadi pilot Garuda Indonesia.

Sebagai calon lulusan terbaik, AHY lolos seleksi tetapi saat pendalaman wawancara psikologi, dia menolak tawaran untuk jadi pilot komersial Garuda.

“AHY menegaskan niatnya untuk masuk Akademi Militer,” katanya.

AHY Berminat Memasuki Akademi Militer

Jovan menerangkan, pada tahun 1997, AHY mendaftar ke Akademi Militer. AHY saat itu memiliki predikat lulusan terbaik. Serta mendapat Garuda Trisakti Tarunatama dari SMA Taruna Nusantara.

“Namun, saat itu proses seleksi ke Akademi Militer tidak seperti sekarang,” ujarnya.

Seleksi masih digabungkan di bawah naungan Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia, tutur Jovan, atau kini populer disebut AKABRI.

“Hasil seleksi umum menetapkan AHY sebagai calon taruna nomor urut satu di Akademi Angkatan Udara (AAU), dia punya hasil psikologi yang memuaskan,” jelas Jovan.

Dengan tinggi 182 cm, AHY diyakini bisa lolos menjadi Pilot Pesawat Tempur di TNI AU, tetapi saat proses seleksi wawancara, AHY kembali menolak untuk menjadi Pilot.

“AHY lebih memilih masuk Akademi Militer, padahal hasil seleksi di Akademi Militer menunjukkan nilai psikologi AHY berada pada urutan ke-4. Urutan itu dari 300 lebih calon taruna,” papar Jovan.

AHY Lebih Memilih Prajurit Korps Infanteri

Tahun 2000, AHY menjadi lulusan terbaik dengan meraih pedang Trisakti Wiratama, selain itu ia diberi penghargaan Adhi Makayasa oleh Presiden Abdurrahman Wahid.

“Penghargaan itu diserahkan oleh Wakil Presiden Megawati Soekarno Putri di Istana Merdeka Jakarta,” ungkap Jovan.

Saat AHY lulus dari Akademi Militer, Satuan Penerbang TNI AD (Penerbad) sedang mencari perwira-perwira terbaik untuk menjadi pilot helikopter, TNI AD saat itu tengah membeli helikopter tempur jenis MI-35 dan MI-17 dari Rusia dalam jumlah besar.

“Kondisi itu membutuhkan banyak pilot baru, sebagai salah satu perwira lulusan terbaik, AHY ditugaskan untuk mengikuti seleksi sebagai pilot helikopter tempur,” terangnya.

Lagi-lagi, AHY lulus serangkaian seleksi. Tetapi pada saat pendalaman wawancara, AHY menyatakan lebih memilih jalan lain.

“AHY lebih memilih menjadi prajurit Korps Infanteri di lingkungan Kostrad, andai AHY memilih kesempatan lain, mungkin ia bisa menjadi pilot komersial Garuda. Atau pilot pesawat tempur TNI AU atau pilot helikopter TNI AD,” katanya.

Hal tersebut belum tentu AHY akan menjadi Ketua Umum Partai Demokrat, tambah Jovan, dengan tren saat ini menunjukkan elektabilitas yang terus meningkat.(Herdi/PasundanNews.com)

Herdi Firmansah

Leave a Comment

Recent Posts

Jaksa Tuntut 10 Tahun Penjara untuk Dua Penjual Miras Oplosan di Banjar

BERITA BANJAR, PASUNDANNEWS.COM – Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri Kota Banjar menuntut dua terdakwa…

6 jam ago

Pj Bupati Ciamis Salurkan Bantuan ke Korban Pergerakan Tanah di Sindangkasih dan Cihaurbeuti

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM - Pj Bupati Ciamis, Engkus Sutisna melakukan kunjungan ke dua Kecamatan yang…

7 jam ago

World Brewers Cup 2024, Kopi Ekselsa Sumedang Jabar Curi Perhatian Dunia Internasional

BERITA JABAR, PASUNDANNEWS.COM - World Brewers Cup tahun 2024 digelar di Chicago, Amerika Serikat selama…

8 jam ago

Akses Masjid Raya Al Jabbar Jawa Barat kini Bisa Melalui Simpang Gedebage

BERITA JABAR, PASUNDANNEWS.COM - Masjid Raya Al Jabbar Jawa Barat kini bisa melalui Simpang Gedebage.…

9 jam ago

Produk UMKM, Jabar Terbanyak Sejumlah 694.684 Produk Halal

BERITA JABAR, PASUNDANNEWS.COM - Produk UMKM sebanyak 1000 produk di Jawa Barat mendapatkan sertifikat halal…

9 jam ago

Produk Kerajinan Jabar Ramaikan Expo Dekranas HUT ke-44 tahun 2024 DKN Solo

BERITA JABAR, PASUNDANNEWS.COM - Produk kerajinan tangan, fesyen, dan kuliner Jawa Barat turut meramaikan Expo…

9 jam ago