Pangandaran

Antisipasi COVID-19, KPU Pangandaran Tetapkan Penundaan Tahapan Pilkada Pangandaran 2020

PASUNDANNEWS.COM, PANGANDARAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pangandaran menetapkan keputusan penundaan tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pangandaran Tahun 2020 melalui Keputusan KPU Pangandaran No.23/PL.03-kpt/3218/kab/III/2020. Penetapan Penundaan Tahapan Pemilihan Bupati dan wakil Bupati Pangandaran Tahun 2020 dalam upaya pencegahan penyebaran COVID-19.

Ketua KPU Kabupaten Pangandaran, Muhtadin mengatakan, penetapan penundaan tersebut berdasar pada Keputusan Komisi Pemilihan Umum Nomor: 179/PL.02-Kpt/01/KPU/III/2020 tentang Penundaan Tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2020 dalam Upaya Pencegahan Penyebaran COVID-19 dan SE KPU RI No.8 Tahun 2020.

“Penetapan keputusan penundaan tahapan pilkada itu berlaku mulai Minggu (22/3) hingga batas waktu yang belum ditentukan, dan menunggu arahan KPU Provinsi dan KPU RI,” kata Muhtadin, melalui pesan whatsapp, Senin (23/3/2020).

Menurutnya, penetapan penundaan tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pangandaran 2020 dalam upaya pencegahan penyebaran virus Corona itu meliputi tahapan pelantikan panitia pemungutan suara (PPS) dan masa kerja PPS, verifikasi faktual syarat dukungan calon perseorangan.

Selanjutnya, tahapan pembentukan Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) dan pelaksanaan pencocokan dan penelitian data pemilih, dan Pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilih juga ditunda.

KPU Kabupaten Pangandaran tetap melaksanakan Pelantikan anggota terpilih panitia pemungutan suara (PPS) persiapan Pilkada 2020 pada minggu (22/3) sesuai tahapan PKPU setelah berkordinasi dengan Pemerintah daerah, Bawaslu dan TNI POLRI, sesuai SE KPU RI No.8 Tahun 2020 bahwa bagi KPU Kab/kota yang telah siap melaksanakan pelantikan bisa dilanjutkan setelah berkordinasi dengan pihak berwenang.

Menurut Muhtadin, keputusan tersebut ditetapkan setelah melakukan konsultasi dengan KPU Jawa Barat, dan berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah, Desk Pilkada, Bawaslu panga daran dan TNI POLRI.

“Anggota terpilih PPS untuk Pilkada Pangandaran sebanyak 279 orang yang dilantik pada Minggu (22/3), setelah berkordinasi dengan Pemerintah, Desk Pilkada, Bawaslu dan TNI POLRI maka PPS tetap dilaksanakan pelantikan,” tukasnya.

Hendry

Leave a Comment

Recent Posts

PAN dan Gerindra Ciamis Upayakan Koalisi Indonesia Maju di Pilkada 2024, Selaras dari Pusat ke Daerah

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM - DPD (Dewan Pimpinan Daerah) PAN (Partai Amanat Nasional) bersama Gerindra Ciamis…

4 menit ago

Potensi Herdiat-Yana Jilid 2, PAN Adakan Safari Politik ke Gerindra Ciamis

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM - Potensi Herdiat Sunarya dan Yana D. Putra bersatu dalam kontestasi Pilkada…

1 jam ago

Kriteria DPD PAN Ada pada Sosok Dr. Triadi, Sinyal Rekomndasi Maju di Pilkada Pangandaran 2024

BERITA PANGANDARAN, PASUNDANEWS.COM- Dr. Triadi terus melakukan komunikasi dan penjajakan ke semua partai politik di…

4 jam ago

Serahkan Berkas Pendaftaran Bacalon Bupati, Dr. Triadi Diberi Kisi-kisi DPC Gerindra Pangandaran Agar Dapat Rekomendasi

BERITA PANGANDARAN, PASUNDANNEWS.COM- DPC Partai Gerindra Kabupaten Pangandaran, menerima berkas pendaftaran Bacalon Bupati maupun Wakil…

6 jam ago

Sekda Jabar Ajak ASN Kerja Berorientasi Hasil

BERITA JABAR, PASUNDANNEWS.COM - Sekretaris Daerah (Sekda) Jawa Barat Herman Suryatman mengajak para ASN untuk…

8 jam ago

Penjagal Istri di Rancah Ciamis akan Diperiksa Kejiwaan Lanjutan

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM - Penjagal istri yang lakukan pembunuhan dan mutilasi di Kecamatan Rancah, Kabupaten…

8 jam ago