Ciamis

Agun Gunandjar Sudarsa: UMKM dan Ekonomi Rakyat bisa Tangkal Resesi Nasional

CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Dampak akibat Pandemi Covid-19 saat ini bisa mangancam stabilitas ekonomi, sosial, bahkan politik. Bahkan, ekonomi nasional juga bisa terancam resesi jika negara tidak mampu mengelola ekonomi negara dengan baik dan benar.

Hal tersebut sebagaimana diungkapkan oleh, Anggota MPR RI, Drs. Agun Gunandjar Sudarsa, Bc. IP.,M.Si, dalam kegiatan Sosialisasi 4 Pilar MPR RI, di Kabupaten Ciamis, Sabtu (5/9/2020)

“Jika resesi ekonomi terjadi, dimungkinkan berdampak terhadap kolapnya ekonomi negara, dan perusahaan-perusahaan swasta besar,” kata Agun.

Menurutnya, apabila ekonomi rakyat yang berbasis UMKM dapat berjalan dengan lancar. Kemungkinan, akan ada sedikit berpengaruh terhadap stabilitas perekonomian saat ini.

“Roda perekonomian negara mayoritas ditopang oleh stabilitas kemandirian ekonomi kerakyatan berbasis UMKM. Jadi, dimasa pandemi saat ini UMKM harus terus berjalan,” tuturnya.

Agun mengungkapkan, sangat penting bagi pemerintah untuk memberikan dukungan penuh terhadap jalanya roda ekonomi kerakyatan atau UMKM ini. Setidaknya dapat meminimalisir, menangkal dan menghindarkan rakyat dari dampak resesi dan mencegah dari krisis ekonomi yang lebih besar.

“Lebih jauh, keberpihakan pemerintah terhadap pembangunan ekonomi kerakyatan berbasis UMKM -bukan hanya mencegah krisis ekonomi, namun juga sebagai bentuk nyata pengamalan nilai pancasila dan UUD RI 1945 pasal 33 dan 34,” pungkasnya. (Redaksi/Pasundannews.com)

Redaksi

Leave a Comment

Recent Posts

Hujan Deras Guyur Wilayah Ciamis Akibatkan Longsor dan Pergeseran Tanah

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM - Hujan deras dengan mengguyur wilayah Kabupaten Ciamis tepatnya di Kecamatan Cihaurbeuti…

2 jam ago

Mahasiswa Asal Bandung dapat Hadiah Motor dari Rumah Makan NR Group Pangandaran

BERITA PANGANDARAN, PASUNDANNEWS.COM- Baru - baru ini, warga di gegerkan dengan undian Kupon yang berhadiah…

2 jam ago

Strategi Menarik Pengusaha Rumah Makan di Pangandaran Adakan Undian Motor

BERITA PANGANDARAN, PASUNDANNEWS.COM - Strategi menarik dilakukan melalui berbagai macam cara pengusaha untuk menarik para…

3 jam ago

Pipa Air Baku Perumdam Ciamis Terputus, Belasan Ribu Konsumen Harus Sabar Menanti Pasokan Air

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM - Hujan dengan  intensitas tinggi sebabkan derasnya air Sungai Citanduy. Hal itu…

5 jam ago

Kang Danial kembalikan Formulir Pendaftaran Bacalon Walikota Banjar 2024-2029 ke Markas PAN, Usung Misi Nawacara Kahuripan

BERITA BANJAR, PASUNDANNEWS.COM - Kang Danial atau Dani Danial Mukhlis sambangi markas PAN (Partai Amanat…

13 jam ago

Pj Gubernur Jabar Tinjau Kesiapan Asrama Haji Indramayu dan Bandara Kertajati Majalengka

BERITA JABAR, PASUNDANNEWS.COM - Pj (Penjabat) Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin meninjau langsung kesiapan keberangkatan…

13 jam ago