Bandung Raya

5.088 Petugas Coklit di KBB Siap “door to door” Mutakhirkan Data Pemilih

PASUNDAN NEWS – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung Barat memiliki jumlah Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) sebanyak 5.088 dan tersebar di 165 desa yang ada.

Kepastian tersebut di dapat setelah Panitia Pemungutan Suara (PPS) di masing-masing desa secara serentak menggelar pelantikan, apel kesiapan dan bimbingan teknis PPDP Minggu, 12/02/2023.

Petugas PPDP nantinya akan melakukan pencocokan data pemilih, serta mendata masyarakat yang sudah mempunyai hak pilih namun belum tercatat dalam Formulir A-Daftar Pemilih. Di samping itu, juga mencoret pemilih jika ditemukan tidak memenuhi syarat.

Ketua KPU KBB Adie Saputro mengatakan PPDP atau Pantarlih terhitung bertugas pada 12 Februari sampai dengan 14 Maret 2023. Yang artinya dalam kurun waktu tersebut, mereka akan mendatangi setiap rumah warga untuk meminta informasi terkait identitas kependudukan keluarga.

“Untuk mempermudah petugas, warga sebaiknya menyiapkan Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el), serta bukti dukung lainnya,” ujarnya.

Adie menambahkan, PPDP tersebar di seluruh kecamatan, desa dan di TPS, mereka adalah petugas lapangan yang secara door to door melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) data administrasi.

“Coklit tersebut meliputi perbandingan antara data yang ada di daftar penduduk potensial pemilih pemilihan (DP4) dan data lapangan yang bersumber dari KTP-el dan KK, sehingga (misal) kalau ada yang meninggal, nanti data tersebut akan dicoret,” jelasnya

Selanjutnya, setiap warga yang sudah dicoklit akan menerima tanda bukti berupa lembaran berisi nama-nama penghuni rumah yang berhak menggunakan hak pilihnya. Pada akhir proses, petugas menempelkan stiker data pemilih di setiap rumah yang sudah dikunjungi petugas PPDP. (im)

Feri Johansah

Leave a Comment

Recent Posts

Laga Kedua Liga 3 Nasional, PSGC Ciamis Menang Telak Atas Persim Maros 2-0

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM - Liga 3 Nasional dalam laga lanjutan grup G pertemukan PSGC Ciamis…

4 jam ago

Distan dan Kodim 0625/Pangandaran Kerjasama Pasang Pompa Air untuk Pertanian Tadah Hujan

BERITA PANGANDARAN, PASUNDANNEWS.COM - Dinas Pertanian (Distan) dan Kodim 0625/Pangandaran bekerjasama untuk memasang pompa air…

5 jam ago

Timnas U-23 Tembus Semifinal Piala Asia, Pj Gubernur Jabar Sebut Olimpiade Paris 2024 Masih Terbuka Lebar

BERITA JABAR, PASUNDANNEWS.COM - Timnas (Tim Nasional) U-23 masuk semifinal Piala Asia 2024. Dalam hal…

11 jam ago

Dinsos Jabar Tangani Pasien tanpa Pendampingan Keluarga, Kini Bisa Dipulangkan dari RSHS

BERITA JABAR, PASUNDANNEWS.COM - Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat menangani pasien yang sudah dirawat satu…

11 jam ago

Pisah Sambut Pj Bupati Sumedang, Herman Suryatman Harapkan Bisa Sinergi dengan Pemdaprov Jabar

BERITA JABAR, PASUNDANNEWS.COM - Pisah sambut dan serah terima jabatan Penjabat (Pj) Bupati Sumedang berlangsung…

11 jam ago

Pergerakan di Cianjur, Pj Gubernur Jabar Minta PVMBG Segera Asesmen Lokasi Bencana

BERITA JABAR, PASUNDANNEWS.COM - Tanah bergerak terjadi di Kampung Sukajadi, Desa Jatisari, Kecamatan Bojongpicung, Kabupaten…

12 jam ago