Ciamis

208 Siswa SMA Informatika Ciamis Akan Ikuti PAKK Tahun 2020

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Sebanyak 208 peserta didik atau siswa SMK Informatika Ciamis akan mengikuti Program Aplikasi Keinformatikaan Dan Kewirausahaan atau PAKK tahun 2020.

Program tersebut merupakan agenda rutin tahunan dalam mempersiapkan tenaga-tenaga terampil sebelum terjun ke dunia kerja nantinya.

Ketua pelaksana PAKK SMA Information Ciamis, Nanang Najamudin S.P.d mengatakan, PPAK merupakan program dan sistem pembelajaran yang dilakukan di luar proses belajar mengajar.

“Pesertanya meliputi siswa-siswi dari dua jurusan, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS),” katanya melalui rilis yang diterima PasundanNews.com, Senin (14/12/2020).

Dikatakan Nanang, pelaksanaan PAKK bagi siswa sangat penting. Hal itu dilakukan sebagai ajang untuk mempraktekan ilmu yang diperoleh selama belajar disekolah.

Selain itu, lanjut dia, PAKK juga bisa dijadikan sebagai sebuah pengalaman baru bagi siswa sebelum terjun langsung di dunia kerja.

“Walaupun SMA, ada program lapangannya selama satu bulan, seperti halnya di SMK. Karena di Informatika ada tambahan pembelajaran yaitu tentang keinformatikaan. Nantinya para siswa akan diberikan pembekalan wawasan tentang. dunia usaha, keinformatikaan, etos kerja serta pembekalan wawasan lainnya” jelasnya.

Kepala sekolah SMA Informatika Ciamis, Drs H. Asep Dhana K M.,Pd., Menambahkan, bahwa ada tiga hal yang harus menjadi pegangan ketika para siswa sudah keluar dari sekolah.

“Tiga hal tersebut diantaranya adalah, Teruskan ke perguruan tinggi, Bekerja, dan Berwirausaha. Disinilah peserta didik harus sudah siap dengan yang tiga itu,” ungkapnya.

Asep berharap, PAKK dalam masa pandemi Covid-19 sekarang ini agar peserta didik di lapangan bisa menjalankan protokol kesehatan terutama 3M.

“Yaitu Memakai masker, Mencuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir, dan Menjaga jarak,” Jelasnya.

Sementara itu Ketua Yayasan Bina Nusantara SMA Informatika Ciamis, Tatang Djauhari menambahkan, PAKK sendiri merupakan inovasi pada program basis keinformatikaan.

Menurutnya, pada program PAKK ini nantinya para siswa akan melaksanakan praktek kerja di sejumlah instansi atau perusahaan.

Ia pun berharap, PAKK ini bisa menjadi langkah nyata pihak sekolah dalam membuat sistem pendidikan dan pelatihan keinformatikaan yang nantinya bisa mengantarkan para siswa ke dunia kerja sesuai bidang keahliannya.

“Kami berharap PAKK menjadi langkah nyata atau substansi dari sekolah untuk membuat sistem pendidikan dan pelatihan keinformatikaan. Sistem itu diharapkan bisa menghasilkan lulusan yang berkualitas, dan bisa langsung diserap di dunia kerja,” pungkasnya.

 

Hendriawan Firmansyah

Leave a Comment

Recent Posts

Sebanyak 190 PPPK Kota Banjar Resmi Dilantik, Ini Pesan Pj Walikota

BERITA BANJAR, PASUNDANNEWS.COM - Sebanyak 190 Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) resmi dilantik oleh…

3 jam ago

MTQ ke-38 Jawa Barat, Pj Gubernur Jabar : Wadah Pelihara Nilai Keagamaan

BERITA JABAR, PASUNDANNEWS.COM - MTQ (Musabaqoh Tilawatil Quran) ke-38 tingkat provinsi Jawa Barat berlangsung pada…

4 jam ago

Pelatihan Kewirausahaan Mandiri UMKM di Kota Banjar Dorong Produk Masuk Toko Modern

BERITA BANJAR, PASUNDANNEWS.COM - Dinas KUKMP Kota Banjar bersama PT Indomarco Prismatama cabang Cirebon, menggelar…

4 jam ago

Dinkes Kabupaten Ciamis Angkat Bicara Perihal Polemik RS Permata Bunda

  BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM - Dinas Kesehatan (Dinkes) Ciamis melalui Sekretaris Dinas, Anton Wahyu angkat…

10 jam ago

Penyuluhan Jasa Keuangan di Ciamis, Kang Ijudin Dorong Pemberdayaan UMKM

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM - Sosialisasi UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) bersama warga di Kabupaten…

19 jam ago

BPL HMI se-Jawa Barat Adakan Halal Bihalal dan Simposium Perkaderan

BERITA JAWA BARAT, PASUNDANNEWS.COM – Badan Pengelola Latihan (BPL) Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Koordinator Wilayah…

21 jam ago