Bandung Raya

12 Orang Positif Covid-19 di Kota Bandung Usai Rapid Test Antigen

BANDUNG, PASUNDANNEWS – Sebanyak 12 pengunjung di antaranya terkonfirmasi positif Covid-19 seusai rapid test antigen.

Hal itu di dapati setelah Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota bandung menggelar pemeriksaan rapid test antigen secara acak saat libur akhir tahun.

Kepala Dinkes Kota Bandung Ahyani Raksanegara mengatakan, sebanyak 432 orang yang terdiri dari pelaku perjalanan, wisatawan maupun pengunjung ke Kota Bandung. Pengetesan dilakukan mulai dari terminal, hotel, dan objek wisata seperti Kebun Binatang Bandung.

“Jumlah sampel yang kita ambil ada 432 dengan 300-an itu dari Terminal Leuwipanjang. Kemudian positifnya ada 12 dari Kebun Binatang, sebanyak tiga orang dan sisanya dari terminal,” jelas Ahyani (senin28/12/2020) seperti dilansir dari CNNIndonesia.

Ahyani mengatakan, mereka telah dipisahkan dengan warga lainnya. Pihaknya kemudian memberikan surat pengantar agar melanjutkan melakukan test swab PCR dan pulang untuk melakukan isolasi.

“Kalau dia berasal dari luar kota, kita kontak Dinkes-nya. Jika dari Kota Bandung, kita kontak Puskesmasnya untuk melakukan tracing,” ujarnya.

Menurut Ahyani, mereka yang positif hasil rapid test antigen berasal dari berbagai tempat. Sebagian besar berasal dari Bandung.

“Ada yang Bandung dan ada yang luar Bandung. Kalau yang wisatawan kan dari mana-mana, kalau yang terminal dari titik Bandung mau keluar, tapi wisatawan ada orang luar,” ujarnya.

Pengetesan secara acak yang dilakukan Pemkot Bandung merupakan anjuran dari pemerintah pusat melalui surat edaran guna menekan penyebaran kasus Covid-19 saat libur akhir tahun.

Adapun Pemkot Bandung selain melakukan pengetesan di hotel dan tempat wisata juga mewaspadai pelaku perjalanan.

“Menjelang tahun baru itu sudah peringatan bahwa setelah liburan hati-hati dengan kenaikan kasus. Kalau lonjakan itu nanti ketahuannya dua pekan lagi. Waktu Oktober saja lonjakannya kami belum bisa menyelesaikan, karena rantai penyebarannya kemana-mana,” ujar Ahyani.

Redaksi

Leave a Comment

Recent Posts

Gempa Garut, Tagana dan BPBD Ciamis Evakuasi Sejumlah Rumah Warga

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM - Gempa yang mengguncang wilayah Kabupaten Garut berkekuatan 6.5 skala richter terjadi…

10 jam ago

Halal Bihalal MUI bersama Pemdes Kalipucang, Warga Ikut Antusias

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM - Halal bihalal MUI (Majelis Ulama Indonesia) bersama Pemerintah Desa Kalipucang, Kecamatan…

13 jam ago

Diguncang Gempa Garut 6,5 Magnitudo, Rumah Warga di Situbatu Kota Banjar Ambruk

BERITA BANJAR, PASUNDANEWS.COM - Rumah semi permanen di Kota Banjar, Jawa Barat, ambruk setelah gempa…

17 jam ago

Momen Silaturahmi dan Kebhinekaan, Kades Cibeureum Gelar Halal Bihalal Idul Fitri 1445 Hijriyah

BERITA BANJAR, PASUNDANEWS.COM - Kepala Desa (Kades) Cibeureum, Kota Banjar, Jawa Barat, Yayan Sukirlan, bersama…

17 jam ago

Bikin Heboh! Pengusaha Asal Bandung Nyawer Biduan dan Penonton Hingga Puluhan Juta di Pangandaran

BERITA PANGANDARAN, PASUNDANNEWS.COM - Fajar Arisyadi, penguasa rumah makan di Pangandaran adakan acara syukuran khitanan…

18 jam ago

Hujan Deras Guyur Wilayah Ciamis Akibatkan Longsor dan Pergeseran Tanah

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM - Hujan deras dengan mengguyur wilayah Kabupaten Ciamis tepatnya di Kecamatan Cihaurbeuti…

1 hari ago