Cianjur

Terbukti Korupsi, Bupati Cianjur Nonaktif di Vonis Lima Tahun Penjara

PASUNDANNEWS.COM, BANDUNG – Bupati Cianjur nonaktif Irvan Rivano Muhtar (IRM) di vonis 5 tahun penjara, keputusan ini dibacakan oleh ketua Majelis Hakim pengadilan tindak pidana korupsi Bandung, Daryanto, senin (09/09/2019)

Dalam dakwaannya, IRM terbukti sah dan meyakinkan telah melakukan tindak pidana korupsi pemotongan Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk pembangunan SMP di Kabupaten Cianjur tahun 2018.

“Menjatuhkan pidana penjara selama lima tahun, dan denda Rp 250 juta, apabila tidak dibayar maka diganti dengan kurungan selama tiga bulan.”Ucap Ketua majelis Hakim.

Vonis ini lebih ringan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU), yang menuntut terdakwa 8 tahun penjara, denda 500 juta subsider 6 bulan penjara serta pidana tambahan membayar kerugian negara 900 juta rupiah atau 2 tahun penjara.

“Kita sebagai penasehat hukum sudah bekerja secara maksimal, tapi kenyataan saat ini majelis hakim berpendapat lain.”Ucap Ketua tim Kuasa Hukum IRM, Alfies Sihombing sesaat setelah persidangan.

Akhir dari pertimbangan Majelis hakim menyatakan bahwa tidak ada kerugian negara dan tidak ada pencabutan hak politik seperti tuntutan JPU yang meminta IRM dicabut hak politiknya.

“dalam tujuh hari ini kita akan lihat dulu, karena tadi kita sependapat dengan JPU untuk pikir-pikir terlebih dahulu terkait langkah selanjutnya, apakah ada berubah pikiran dari klien kami atau JPU.”pungkas Alfies.

Redaksi

Leave a Comment

Recent Posts

Gempa Garut, Tagana dan BPBD Ciamis Evakuasi Sejumlah Rumah Warga

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM - Gempa yang mengguncang wilayah Kabupaten Garut berkekuatan 6.5 skala richter terjadi…

10 jam ago

Halal Bihalal MUI bersama Pemdes Kalipucang, Warga Ikut Antusias

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM - Halal bihalal MUI (Majelis Ulama Indonesia) bersama Pemerintah Desa Kalipucang, Kecamatan…

12 jam ago

Diguncang Gempa Garut 6,5 Magnitudo, Rumah Warga di Situbatu Kota Banjar Ambruk

BERITA BANJAR, PASUNDANEWS.COM - Rumah semi permanen di Kota Banjar, Jawa Barat, ambruk setelah gempa…

17 jam ago

Momen Silaturahmi dan Kebhinekaan, Kades Cibeureum Gelar Halal Bihalal Idul Fitri 1445 Hijriyah

BERITA BANJAR, PASUNDANEWS.COM - Kepala Desa (Kades) Cibeureum, Kota Banjar, Jawa Barat, Yayan Sukirlan, bersama…

17 jam ago

Bikin Heboh! Pengusaha Asal Bandung Nyawer Biduan dan Penonton Hingga Puluhan Juta di Pangandaran

BERITA PANGANDARAN, PASUNDANNEWS.COM - Fajar Arisyadi, penguasa rumah makan di Pangandaran adakan acara syukuran khitanan…

18 jam ago

Hujan Deras Guyur Wilayah Ciamis Akibatkan Longsor dan Pergeseran Tanah

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM - Hujan deras dengan mengguyur wilayah Kabupaten Ciamis tepatnya di Kecamatan Cihaurbeuti…

1 hari ago