Banjar

Pemkot Banjar Gelar Sosialisasi SRIKANDI, Dukung Optimalisasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik

 BERITA BANJAR, PASUNDANNEWS.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Banjar, Jawa Barat menggelar sosialisasi implementasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (SRIKANDI), Jumat (24/11/2023).

Kegiatan yang berlangsung di Auditorium Widya Pustaka, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Banjar ini turut hadir Walikota Banjar, Ade Uu Sukaesih dan Wakil Walikota Banjar, Nana Suryana.

Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemerintah Kota Banjar. Tujuan sosialisasi ini untuk mendukung Percepatan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Aplikasi SRIKANDI yang merupakan hasil kolaborasi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Kementerian Komunikasi dan Informatika, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), serta Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), dirancang sebagai solusi umum bidang kearsipan untuk mendukung pengelolaan arsip dan tata kelola pemerintahan berbasis elektronik.

Melalui zoom meeting, Direktur Kearsipan Daerah II Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Suminarsih, SS, M. Hum, menyoroti pentingnya aplikasi SRIKANDI sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang SPBE.

Suminarsih menyampaikan pandangannya mengenai sosialisasi ini. Ia menekankan pentingnya aplikasi SRIKANDI dalam meningkatkan efisiensi tata kelola pemerintahan.

Sebagai langkah konkret menuju implementasi SPBE, Suminarsih menyampaikan bahwa melalui aplikasi SRIKANDI, Pemkot Banjar dapat mempercepat proses layanan publik.

Ia juga menekankan partisipasi aktif seluruh OPD dalam penerapan aplikasi ini guna mencapai tujuan efisiensi dan transparansi pemerintahan.

Dalam forum tersebut, Suminarsih memberikan wawasan mendalam mengenai aplikasi SRIKANDI.

Diskusi mengenai manfaat dan cara optimalisasi aplikasi ini menjadi fokus pembahasan, dengan harapan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik kepada seluruh peserta, terutama kepala OPD.

Sementara itu, Walikota Banjar, Ade Uu Sukaesih menuturkan, melalui sosialisasi aplikasi SRIKANDI ini, diharapkan semua stakeholder dapat bersinergi dalam memanfaatkan teknologi informasi untuk meningkatkan kualitas layanan pemerintah.

“Dukungan penuh dari Kementerian PANRB, Kementerian Komunikasi dan Informatika, BSSN, dan ANRI menjadi modal utama untuk keberhasilan implementasi aplikasi ini,” ujarnya.

Menutup kegiatan, Walikota dan Wakil Walikota Banjar memberikan apresiasi kepada semua peserta yang telah aktif berpartisipasi dalam sosialisasi.

Mereka meyakini bahwa melalui kolaborasi dan penerapan aplikasi SRIKANDI, pemerintah Kota Banjar dapat memberikan pelayanan yang lebih baik dan efisien kepada masyarakat. (Hermanto/PasundanMews.com)

Hermanto

Leave a Comment

Recent Posts

Bank BJB Terima Apresiasi dari IDN Fortune 100, Mampu Kuatkan Kinerja Bisnis

BERITA NASIONAL, PASUNDANNEWS.COM - Bank BJB sabet apresiasi dengan bentuk penghargaan dari IDN Fortune 100…

9 jam ago

Harumkan Ciamis, Siswa SMP IT Nuurussalaam Cipaku Masuk Kategori Juara Harapan di Pentas PAI Jabar

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM - Harumkan nama Kabupaten Ciamis perwakilan lomba ceramah PAI dari SMP IT…

9 jam ago

Jelajah Kereta Wisata, Upaya Membangkitkan Pariwisata Kota Banjar

BERITA BANJAR, PASUNDANNEWS.COM - Sejumlah destinasi wisata di Kota Banjar akan masuk dalam program jelajah…

9 jam ago

Pohon Kiara Tumbang di Karamat Pulo Majeti, Warga Purwaharja Bergotong Royong Evakuasi

BERITA BANJAR, PASUNDANNEWS.COM - Sebuah pohon besar jenis Kiara tumbang di kawasan keramat Pulo Majeti,…

16 jam ago

Warga Karangpanimbal Andalkan Sumber Mata Air Cisero Saat Musim Kemarau

BERITA BANJAR, PASUNDANNEWS.COM - Sumber mata air Cisero yang terletak di lingkung Parungsari, Kelurahan Karangpanimbal,…

19 jam ago

Ruri Repvblik Alami Kecelakaan Tunggal di Ciamis

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Vokalis band Repvblik, Ruri, dilaporkan mengalami kecelakaan tunggal saat mengendarai motor…

19 jam ago